Jakarta Fashion & Food Festival

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo resmi JFFF

Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) JFFF merupakan sebuah festival tahunan persembahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Summarecon Agung Tbk., dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Kementerian Perdagangan RI. Sebuah keinginan terbesar dari hadirnya JFFF di tengah-tengah masyarakat adalah mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia melalui industri yang berbasis budaya. JFFF juga didukung oleh berbagai pihak yang memiliki kepedulian serupa, seperti Martha Tilaar Group, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Sekolah Mode ESMOD, MRA Media Group, Metro TV, Fashion TV, Kompas, dan The Jakarta Post.

Tema besar mode dan kuliner JFFF diwujudkan pada tiga rangkaian utama acara, yaitu Fashion Extravaganza, Food Festival, dan Gading Nite Carnival.

Jakarta Fashion & Food Festival berlangsung setiap tahun pada bulan Mei di kawasan Sentra Kelapa Gading. Manfaatkan event akbar ini sebagai kesempatan untuk menikmati beragam karya anak bangsa sekaligus mendukung gerakan cinta produk tanah air.

Acara-acara di JFFF[sunting | sunting sumber]

Beberapa acara yang rutin diadakan dari tahun ke tahun adalah Fashion Extravaganza, Food Festival, dan Gading Nite Carnival

Kehadiran Fashion Extravaganza dalam penyelenggaraan JFFF merupakan salah satu sarana interaktif bagi para pelaku industri mode dengan target publiknya, sehingga hasil-hasil karya mereka tak hanya dapat langsung dilihat, namun juga dimiliki oleh para pecinta mode Indonesia. Sederet perancang papan atas Indonesia mempersembahkan hasil karya terbaru mereka dalam perhelatan akbar Jakarta Fashion & Food Festival 2014. Di samping sebagai ajang unjuk kreasi para desainer profesional, para desainer muda pun dapat mengasah kemampuan mereka melalui Next Young Promising Designers.Sedangkan bentuk apresiasi kepada tokoh yang berkontribusi besar dalam memajukan dunia mode Indonesia, diwujudkan dalam Fashion Icon Awards (FIA).

Semakin berkembangnya industri mode Indonesia juga ditopang dengan pesatnya kemunculan insan-insan muda di dunia modeling. Oleh karena itu, demi mengakomodir bakat-bakat generasi muda di dunia modeling, Gading Model Search dan Gading Model Search Kids Category hadir sebagai salah satu wadah untuk menghadirkan insan-insan modeling yang berkelas dan memiliki kualitas yang setara dengan kesuksesan industri mode Indonesia.

Daftar Pemenang Fashion Icon Awards

Tahun Ikon 1 Ikon 2 Ikon 3
2006 Iwan Tirta Peter Sie Okky Asokawati
2007 Pia Alisyahbana Ali Sadikin Susan Budiardjo
2008 Poppy Dharsono Edward Hutabarat Krisdayanti[1]

Food Festival merupakan event yang selalu ditunggu dan mnarik jutaan penggila kuliner Indonesia, Kekayaan jenis kuliner pun hadir dalam beraneka ragam cita rasa. Semakin meluasnya varian kuliner Indonesia seiring perkembangan zaman, tentunya kehadiran ragam kuliner tradisional menjadi sebuah kerinduan tersendiri bagi masyarakat modern.

Signature Events Food Festival diantaranya:

  • Kampoeng Tempo Doeloe (KTD)
  • Wine & Cheese Expo
  • Jakarta Wine & Cheese Run
  • Eat & Win

JFFF senantiasa konsisten menghadirkan beragam kemeriahan dalam penyelenggaraannya. Salah satunya dengan mempersembahkan Gading Nite Carnival (GNC) yang menampilkan berbagai atraksi dan pertunjukan meriah untuk menghibur masyarakat setiap tahunnya. Ribuan masyarakat selalu antusias untuk menjadi bagian dari pesta rakyat ini. Mobil hias, ratusan seniman dan penari jalanan dengan kostum beraneka ragam juga pesta kembang api selalu hadir memeriahkan karnaval malam yang pertama dan satu-satunya di Kota Jakarta ini. Mulai tahun 2014, diperkenalkan tokoh Mat Gading sebagai aktor utama di acara ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [[1]]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]