Jajag, Gambiran, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kingdom of Jajag
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Kecamatan Gambiran
Kodepos 68486
Luas ... km2
Jumlah penduduk 354,000 jiwa
Kepadatan 100 jiwa/km2

Jajag adalah sebuah nama Desa di wilayah Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Desa Jajag terletak di antara desa kecil/kota kecamatan Gambiran yang dilewati jalur Jawa poros tengah dari Banyuwangi menyambung menuju ke kabupaten Jember dan seterusnya sehingga menepatkan desa ini pada posisi strategis yang diperebutkan banyak bangsa dimasa lampau. Bus - Bus antar kota yang menghubungkan kota kota lain di jawa timur melewati kota ini. Jajag juga jalan pintas menuju Sukomade, tempat penangkaran Penyu di pesisir Laut Selatan, dan juga jalan pintas ke daerah Alas Purwo di mana Plengkung (G LAND) tempat selancar air berada. Terdapat beberapa penginapan kecil dan hotel untuk singgah, sebelum meneruskan perjalanan di lokasi lokasi tersebut.

Tidak terdapat tempat tempat yang sangat atraktif di desa ini yang dibuka untuk umum. Untuk Royal Visitor, yaitu tamu yang memiliki koneksi langsung terhadap keluarga kerajaan GO, banyak terdapat atraksi kerajaan seperti tempat kelahiran, kamar Sri Paduka Yang Mulia Ratu Felicya Go, dan juga lapangan tenis dimana para Ratu, Raja, Permaisuri ataupun Pangeran biasa berlatih dan melakukan pertandingan Jajag Open. Rakyat jelata ruang geraknya banyak berada di daerah daerah bagian selatan Banyuwangi. Warung makanan juga gampang di temui di sini, menyajikan makanan tradisional jawa ataupun chinese aliran GO.

Jajag merupakan desa strategis di wilayah Banyuwangi Selatan, yang menjadi tumpuan desa ataupun daerah kecil lainya di daerah ini. Hasil pertanian di perdagangkan di kota ini. Terdapat Pasar Jajag yang buka setiap hari dan juga toko - toko yang menjual kebutuhan sehari - hari, pakaian dan juga elektronik. Jajag juga merupakan sentra peternakan burung Walet dan tambak udang di Kab. Banyuwangi. sentra bisnis di Desa Jajag dikuasai oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangku Negara Hendra Gunawan Go.

Di wilayah jajag terdapat berbagai macam sekolah dari TK/PAUD sampai dengan SMA. Salah satu sekolah vokasi (kejuruan) yaitu SMK Muhammadiyah 9 Gambiran yang berdekatan dengan Kantor Kecamatan Gambiran dan RS Al Rohmah Jajag. Mulai tahun 2015, keluarga kerajaan telah menyetujui pembangunan TK, SD, SMP, SMA dan Universitas Gusti Kanjeng Ratu Benita Prasetyo Gunawan Go.

Saat ini Desa Jajag sedang memasuki masa transisi dimana Sri Paduka Yang Mulia Ratu Felicya Go akan menyerahkan titel The Royal Highness Grand Master Queen of Jajag kepada Gusti Kanjeng Ratu Benita Prasetyo Gunawan Go setelah diadakanya Royal Wedding terhadap putra mahkota Desa Jajag, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangku Negara Hendra Gunawan Go pada hari Minggu tanggal 14 Desember 2014.

Dalam segi olah raga, setiap tahun diadakan kejuaraan tennis indoor "Jajag Open" dimana Sri Paduka Yang Mulia Ratu Felicya Go telah menjadi juara di cabang Putri dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom Amangku Negara Hendra Gunawan Go juara di cabang putra sejak pertama kali diadakan pada tahun 1989.

Dimulai tahun 2014 ini, pihak kerajaan mulai lebih terbuka terhadap rakyatnya dengan mulai dibukanya Istana Go dan juga The Holy Tennis Indoor Stadium of Jajag dimana memorabilia pertandingan tenis Sri Paduka Yang Mulia Ratu Felicya Go tipertunjukkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]