Jacques Van Melkebeke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jacques Van Melkebeke (1904-1983) adalah seorang wartawan Belgia, penulis, dan penulis skenario dari beberapa komik strip.

Sebagai teman baik dari Hergé, dia ikut mengambil bagian dengan cara tidak langsung pada pembuatan beberapa kisah dari komik Petualangan Tintin, antara lain yaitu dengan menambahkan beberapa aspek referensi kultural. Sebenarnya dia juga memberikan sumbangan yang tidak sedikit pada serial Blake dan Mortimer, walaupun Edgar P. Jacobs menyangkalnya.

Kepribadiannya adalah smber utama dari cerita Blake dan Mortimer sebagai tokoh Philip Angus Mortimer. Ketika Belgia sedang diduduki oleh Nazi Jerman, dia mendapatkan mandat dalam artikel utama di Le Soir Jeunesse, suatu sisipan dari surat kabar harian, Le Soir.

Hal ini membuatnya dipandang mendukung kerusuhan rasial yang terjadi pada sekitaran tahun 1945 (walaupun sebenarnya dia hanya menerbitkan tulisan-tulisan tentang kultural). Dengan alasan yang sama, dia tidak dapat meneruskan tugasnya sebagai salah satu editor dari Majalah Tintin dan juga di dunia kewartawanan. Dia dikenang sebagai "orang ketiga" dalam sejarah komik strip "Franco-Belgia", karena pengaruhnya yang cukup dalam pada masa itu.

Kemunculannya di Tintin[sunting | sunting sumber]

Sebagaimana Herge dan Jacobs, dia membuat beberapa cameo dalam cerita Petualangan Tintin: seperti yang terlihat pada halaman 1, panel 1 dari versi berwarnanya episode Tintin di Congo sebagai salah seorang wartawan yang mengantarkan Tintin berangkat di stasiun kereta api; pada halaman 59, panel 6 dari Tongkat Ottokar; dan di halaman 2, panel 14 dari Rahasia Unicorn, dimana dia sedang mengamati sebuah lukisan ketika ada orang lain yang berteriak bahwa tasnya telah dicuri orang.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • (Perancis) Benoit Mouchart, "A l'ombre de la ligne claire: Jacques Van Melkebeke, le clandestin de la B.D." Paris: Vertige Graphic, 2002. ISBN 2-908981-71-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]