Isabel Larrañaga Ramírez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Venerabilis
Isabel dari Hati Yesus
founder
Lahir(1836-11-19)19 November 1836
Manila, Filipina Filipina
Meninggal17 Januari 1899(1899-01-17) (umur 62) Havana, Kuba Kuba
Dihormati diGereja Katolik Roma
Pesta17 Januari

Isabel Larrañaga Ramirez (alias "Isabel dari Hati Yesus") adalah seorang yang patut dimuliakan (Venerabilis) dalam Gereja Katolik Roma. Ia lahir di Manila, Filipina. Proses beatifikasinya sedang berlangsung sekarang berdasarkan pada nomor protokol orang suci: 994; dipimpin oleh Hermanas de la Caridad del Sagrado Corazón de Jesús dari Spanyol. Ia adalah pendiri Persaudarian Amal Hati Kudus Yesus.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Venerabilis Isabel Ramirez lahir pada 19 November 1836 di Manila, Filipina, ia adalah anak bungsu dari sepuluh bersaudara, Isabel lahir di Manila pada 19 November 1836 dari Juan Andres Ma. de Larranaga (Gubernur Militer Manila pada waktu itu) dan Isabel Ramirez Patino. Ia berasal dari orang tua Spanyol dan ia adalah orang Filipina melalui kelahiran dan virtue kewarganegaraan. Ia dibaptis di San Miguel de Arcangel di Malacanang 30 tahun setelah kelahirannya.

Pada 1855, bersama dengan ibunya dan saudaranya, Francisco Adrian, mereka pergi ke Lima, Peru. Isabel, yang berusia 18 tahun pada waktu itu, mendedikasikan waktunya untuk apostolate. Tujuh tahun kemudian, ia dan ibunya pergi ke Spanyol, dan mereka tinggal di Madrid.

Petisioner Bunda Isabel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Katolik Roma di Filipina Templat:Filipina dalam topik