Isabel dari Navarra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Isabel dari Navarra (139531 Agustus 1450) merupakan putri yang lebih muda Carlos III dari Navarra dan istrinya Leonor dari Kastila. Ia berasal dari Wangsa Évreux. Tak lama setelah kelahiran Isabel, ibundanya menghadapi beberapa masalah di Kastila, melibatkan saudaranya Chuan I d'Aragón. Leonor terpaksa kembali ke Navarra untuk putrinya yang melahirkan. Isabel adalah anak keenam dari delapan bersaudara. Kedua adik laki-lakinya mati muda, meninggalkan Isabel dan lima kakak perempuannya. Saudari-saudarinya termasuk: Joanna (meninggal sebelum mewarisi takhta), Blanca (penerus ayahandanya), dan Beatrice. Isabel awalnya dijodohkan dengan Infante Juan dari Aragon pada sekitar 1414.[1] Ibundanya, Ratu Leonor mewariskan uangnya untuk pernikahan tersebut.[2] Jean kemudian menjadi Raja Aragon tetapi memutuskan kontraknya dengan Isabel, dengan harapan dapat menikahi Giovanna II dari Napoli.[1]

Isabel akhirnya menikah pada 10 Mei 1419 dengan Jean IV d'Armagnac.[3] Ini merupakan pernikahan kedua Jean setelah kematian istri pertamanya Blanche dari Bretagne, tanpa keturunan laki-laki.

Isabel dan Jean memiliki lima anak:

Isabel dan suaminya sama-sama meninggal pada tahun 1450; ia meninggal pada bulan Agustus dan suaminya tiga bulan kemudian pada bulan November, ia berusia sekitar lima puluh empat tahun pada saat kematiannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Elena Woodacre, The Queens Regnant of Navarre: Succession, Politics, and Partnership, 1274-1512, (Palgrave Macmillan, 2013), 91.
  2. ^ Yanguas, Tomo II, p. 191, quoting "caj. 104, n. 8".
  3. ^ Régine Pernoud and Marie-Véronique Clin, Joan of Arc: Her Story, transl. Jeremy duQuesnay Adams, (St. Martin's Press, 1999), 174.