Carlos III dari Navarra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Charles III dari Navarra

Charles III (1361 – 8 September 1425), disebut yang Nobel, merupakan Raja Navarra dari tahun 1387 sampai kematiannya dan Pangeran Évreux dari tahun 1387 sampai 1404, ketika ia menukarnya dengan gelar Adipati Nemours. Ia menghabiskan masa pemerintahannya dengan meningkatkan infrastruktur kerajaannya, memulihkan martabat Navarra setelah masa pemerintahan suram ayahnya, Charles yang Jahat, dan memperbaiki hubungan yang tegang dengan Perancis.

Charles III dilahirkan di Mantes-la-Jolie. Ia menikahi infanta Eleanor, putri Henry II dari Kastilia, pada tahun 1375 yang mengakhiri konflik antara Kastilia dan Navarra.

Sebagai raja, politiknya damai dengan Perancis, Kastilia, Aragon, dan Inggris, dukungan untuk Kepausan Avignon, dan aliansi matrimonial. Ia berkolaborasi dengan Kastilia di dalam perang Kerajaan Granada. Oleh Perjanjian Paris, ia mengabaikan tuntutannya kepada Champagne dan Brie dan berdamai dengan Perancis.

Pada tahun 1413, ia membuat Cort, semacam pengadilan tinggi. Ia membuat gelar Pangeran Viana untuk pewaris tahta, memberi gelar cucu laki-lakinya Charles pada tahun 1423. Ia adalah pelindung seni dan ia menyelesaikan konstruksi Gothik Katedral Pamplona yang hebat. Ia membangun istana kerajaan di Tafalla dan Palacio Real de Olite, dimana ia wafat pada tahun 1425.

Saudarinya, Joan dari Navarra, Ratu Inggris, menikah dengan Henry IV dari Inggris.

Makam Charles III di dalam Katedral Pamplona.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunan Charles dan Eleanor adalah:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Charles III of Navarre

Carlos III dari Navarra
Lahir: 1361 Wafat: 8 September 1425
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Charles II
Royal Arms of Navarre (1328-1425).svg
Raja Navarra

1387–1425
Diteruskan oleh:
Blanche I & John II
Pangeran Évreux
1387–1404
Domain Kerajaan Perancis