Insiden Panjdeh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Insiden Panjdeh (Russian: Афганский кризис, Krisis Afganistan atau Бой за Кушку, Pertempuran Kushka) adalah sebuah pertempuran yang terjadi tahun 1885 ketika pasukan Rusia merebut teritori Afganistan diselatan Sungai Oxus disekitar sebuah oasis di Panjdeh. Kompetisi antara Rusia dan Britania Raya di Asia Tengah dan selatan menyebabkan terjadinya perang dingin virtual yang disebut Permainan yang Hebat.

Pasukan Afganistan berkemah di bagian barat Sungai Kushk, dengan pasukan Rusia di bagian timur. Pada tanggal 29 Maret 1885, pemimpin pasukan Rusia, Jendral Komarov, mengirim ultimatum meminta mereka mundur. Mereka menolak sehingga Rusia menyerang mereka pada pukul 3 pagi pada tanggal 30 Maret dan membuat mereka mundur sampai jembatan Pul-i-Khishti dengan kehilangan 600 pasukan. Insiden ini hampir membuat terjadinya perang antara Britania Raya dan Rusia].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • R.A.Johnson, The Penjdeh Incident, 1885 in Archives: The Journal of the British Records Association, volume XXIV, 100, (April 1999): 28-48.