Inklinometer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah Inklinometer sederhana.

Inklinometer adalah bagian kompas geologi berupa alat ukur untuk mengukur kemiringan suatu bidang. Inklinometer dapat digunakan untuk keperluan sipil seperti mengukur jalan, keperluan arsitektur seperi mengukur kemiringan suatu bangunan, dll. Inklinometer dapat mengukur kemiringan suatu bidang pada dua sumbu, antara lain sumbu x dan sumbu y secara bersamaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Inklinometer mencakup contoh-contoh seperti in-clinometer Well, yang bagian-bagian pentingnya adalah sisi datar, atau alas, tempat ia berdiri, dan piringan berongga yang hanya diisi setengahnya dengan cairan berat. Permukaan kaca pada piringan dikelilingi oleh skala bertingkat yang menandai sudut di mana permukaan cairan berada, dengan mengacu pada alas datar. Garis nol sejajar dengan alas, dan jika zat cair berada pada garis tersebut, sisi datarnya horizontal; sudut 90 derajat tegak lurus terhadap alas, dan jika zat cair berada pada garis tersebut, sisi datarnya tegak lurus atau tegak lurus. Sudut intervensi ditandai, dan, dengan bantuan tabel konversi sederhana , instrumen menunjukkan laju jatuh per jarak pengukuran horizontal, dan jarak garis miring.

Al-Biruni , seorang polimatik Persia, pernah ingin mengukur ketinggian matahari. Dia tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk mengukur ketinggian ini. Dia terpaksa membuat busur terkalibrasi di bagian belakang papan hitung, yang kemudian dia gunakan sebagai kuadran darurat dengan bantuan garis tegak lurus. Dia menentukan garis lintang lokasi menggunakan pengukuran yang dilakukan dengan alat sederhana ini. Kuadran ini kemungkinan besar merupakan inklinometer berdasarkan panel seperempat lingkaran.

Tingkat Abney adalah instrumen survei genggam yang dikembangkan pada tahun 1870-an yang mencakup tabung pengamatan dan inklinometer, yang disusun sedemikian rupa sehingga surveyor dapat menyelaraskan tabung pengamatan (dan garis bidiknya ) dengan pantulan gelembung di tingkat semangat inklinometer ketika garis pandang berada pada sudut yang ditentukan pada inklinometer.

Salah satu instalasi inllinometer yang lebih terkenal ada pada panel Ryan NYP "The Spirit of St. Louis"—pada tahun 1927 Charles Lindbergh memilih Inclinometer Rieker Inc P-1057 Derajat yang ringan untuk memberinya informasi sudut kecuraman dan kelandaian.

Referensi[sunting | sunting sumber]