Initial exchange offering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Initial Exchange Offering (IEO) adalah Cryptocurrency Exchange yang setara dengan peluncuran saham atau Initial Public Offering (IPO). IEO adalah proses pengadaan aset digital (misalnya koin atau token) melalui pertukaran yang mapan dengan tujuan untuk meningkatkan modal bagi perusahaan baru. Bursa bertindak sebagai perantara antara investor dan startup, mengambil untung dari biaya yang dihasilkan oleh layanan yang diberikan selama proses uji tuntas dan fase pendanaan. Penawaran koin IEO dan Initial (ICO) memang memiliki karakteristik yang sama satu sama lain, namun, IEO dapat dilihat sebagai evolusi dari ICO karena pengaruh hukum dan peningkatan peraturan keuangan dalam pasar Cryptocurrency.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan pertama IEO oleh bursa utama adalah pada Januari 2019, dengan peluncuran platform Binance Launchpad Binance. Penggunaan pertama platform ini adalah dengan BitTorrent Tokens (BTT) yang mengumpulkan $7,1 juta dalam waktu kurang dari 18 menit. Sejak 2019, Binance telah meluncurkan 63 proyek dengan total $133 juta terkumpul. Usaha Binance ke bidang IEO selanjutnya mengundang lebih banyak pertukaran untuk menawarkan layanan serupa.

Peraturan[sunting | sunting sumber]

IEO yang berhasil harus mengikuti pedoman khusus selama tahap uji tuntas pemilihan IEO. Karena bursa menggunakan merek perusahaan mereka untuk mempromosikan dan mengundang investor untuk membeli token startup atau koin utilitas, mereka memastikan proyek dan perusahaan dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Platform yang akan mempromosikan startup baru, menganalisis dan memeriksa bisnis Buku putih , tim, rencana bisnis, teknologi, dan menilai tokenomik bisnis. Pertukaran memeriksa dan menganalisis bisnis untuk memastikan rencana dan proyek bisnis sesuai dengan nilai pertukaran. Ini menyelamatkan pertukaran dari merusak reputasi mereka dan memastikan bisnis mengikuti persyaratan hukum global seperti Undang-Undang Anti Pencucian Uang untuk penjualan cryptocurrency.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What Is an IEO? | CoinMarketCap". CoinMarketCap Alexandria (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-28. 
  2. ^ "Fedlex". www.fedlex.admin.ch. Diakses tanggal 2022-03-28. 
  3. ^ "Securities Commission Malaysia registers two initial exchange offering operators". TechNode Global (dalam bahasa Inggris). 2022-03-24. Diakses tanggal 2022-03-28.