Increfest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Kompetisi INCREFEST

Industry Creative Festival (INCREFEST) adalah merupakan sebuah kompetisi bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang digagas oleh Direktorat Elektronika dan Telematika, Direktorat Jenderal IUBTT Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mendorong Industri Kreatif Games, Animasi dan Software dengan format kompetisi bagi para pelaku industri startup Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kembangkan kelompok usaha / industri dibidang pengembangan Industri Kreatif Games, Animasi dan Software dengan harapan pada waktunya kelak industri ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber penghasil devisa. Sejalan dengan usaha menumbuhkan Industri Kreatif Games, Animasi dan Software dalam negeri yang kokoh, pemerintah juga mendorong para pengembang (Develovers), dan Pemakai (Users) untuk dapat aktif untuk menggerakkan secara nyata. Untuk mendukung hal tersebut, maka dirasa perlu mengembangkan kegiatan untuk menggali dan mengekspos potensi para pengembang (developer) serta mendorong ke arah pemanfaatan lebih kreatif melalui suatu gelar dan kompetisi produk kreatif. Maka pada tahun 2011, diadakanlah kompetisi bagi para pelaku industri startup Indonesia yang dinamakan INCREFEST.[1]

Kompetisi ini telah dilaksanakan lima kali sejak 2011. Hingga tahun 2015, sudah ada kurang lebih 50 startup sebagai pemenang kompetisi dengan kategori animasi, games dan software yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta kompetisi adalah perusahaan pemula (startup company) yang dapat mengirim lebih dari satu produk kreatif dengan maksimal umur startup company tiga tahun.[2]

Maksud & Tujuan[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Gelar dan Kompetisi Produk Industri Kreatif ini dipandang perlu dilaksanakan untuk bersosialisasi dengan para developer lain dan menciptakan lingkungan Industri yang lebih kreatif.

  1. Untuk merangsang para pengembang menghasilkan karya kreatif sehingga melalui karya nyata Anak Bangsa ini kepercayaan pemerhati Industri Kreatif (user) secara khusus dan masyarakat secara umum semakin meningkat terhadap pengembang lokal.
  2. Memacu para developer lokal untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan kreativitas.
  3. Memberikan apresiasi atas karya terbaik pengembang (developer) lokal dalam mengembangkan industri kreatif.
  4. Memacu pertumbuhan industri di bidang pengembangan Industri kreatif di bidang Games, Animasi dan Software

Kategori Lomba[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga kategori utama yang diperlombakan dalam kompetisi Increfest yakni kompetisi Animasi, Games dan Software dengan detail sebagai berikut:[3]

  1. Kategori Animasi; mengkompetisikan Karya Animasi 2D/3D, dengan Tema / Topik bebas, dapat berupa Animasi Iklan Layanan Masyarakat atau Komersial, Film Animasi, Opening Movie, Closing Movie, dll. Karya yang dikirimkan dapat berupa contoh Animasi dengan durasi 3-5 Menit.
  2. Kategori Games; mengkompetisikan aplikasi game bisa berupa: Stand alone game, Flash game, Client server game, Facebook game, dll atau Java game, Android game dll.
  3. Kategori Software; mengkompetisikan aplikasi yang dibuat dengan Aplikasi Software Dekstop/Online/Embeded bisa berupa Aplikasi Perkantoran, Aplikasi Jaringan, Aplikasi Tepat Guna, Embeded Software & Hardware dll. atau Aplikasi Mobile Kesehatan, Aplikasi Mobile Gateway, Aplikasi Mobile Alert, website dll.

Penyelenggaraan[sunting | sunting sumber]

Kompetisi ini telah dilaksanakan lima kali sejak 2011. Berikut daftar kompetisi INCREFEST yang pernah dilaksanakan.

  1. INCREFEST 2011 bertempat di Bandung, Jawa Barat
  2. INCREFEST 2012 bertempat di Yogyakarta, DIY
  3. INCREFEST 2013 bertempat di Yogyakarta, DIY
  4. INCREFEST 2014 bertempat di Semarang, Jawa Tengah
  5. INCREFEST 2015 bertempat di Bandung, Jawa Barat (sebelumnya direncanakan di Denpasar, namun dipindah dikarenakan erupsi Gunung Rinjani)

Para Nominator INCREFEST 2015[4][sunting | sunting sumber]

Penganugerahan Juara Increfest 2015

Pada INCREFEST 2015, dipilih 5 startup terbaik dari masing-masing kategori. Berikut daftar nominator terbaik dari masing-masing kategori pada INCREFEST 2015.

Nominasi untuk kategori animasi:

  1. Dawn Studio
  2. Mocca Studio
  3. Ampu Studio
  4. Pekanbaru Studio
  5. KabilGreen Studio

Nominasi untuk kategori games:

  1. Raion Studio
  2. Madfal Studio
  3. Miracle Studio
  4. Gambreng Studio
  5. Wirageni Studio

Nominasi untuk kategori software:

  1. Prenature
  2. Badr Interactive
  3. Sintaks.com
  4. Baluarti Software
  5. Gebang Komputer

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "INCREFEST 2015 | INDUSTRY CREATIVE FESTIVAL". increfest.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-26. Diakses tanggal 2016-09-13. 
  2. ^ "Kemenperin: Kemenperin Kembali Gelar Increfest 2015". Diakses tanggal 2016-09-13. 
  3. ^ TI, Harian (2014-09-09). "Increfest 2014, Event Kompetisi Animasi, Game dan Software dari Kemenperin Kembali Digelar". Diakses tanggal 2016-09-13. 
  4. ^ "Nominator INCREFEST 2015". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-01. Diakses tanggal 2016-09-13.