IPod shuffle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah iPod shuffle (kunci dan uang logam ditunjukkan sebagai perbandingan).

iPod shuffle adalah piranti pemutar musik yang dikembangkan dan dijual oleh Apple Computer. Piranti ini diperkenalkan pada pameran Macworld Conference & Expo pada tanggal 11 Januari 2005, dengan motto "Hidup ini acak" (Life is random). Perangkat ini menggunakan flash memory daripada hard drive yang digunakan oleh model-model lainnya dalam keluarga piranti keras iPod. Beratnya hanya 0,78 ons atau 22 gram.

Dua model tersedia untuk produk ini (harga 2006 - Generasi pertama):

  • 512 MB - AS$ 69
  • 1 GB - AS$ 99

iPod shuffle didisain untuk mempermudah pengisian lagu dengan memilih lagu yang tersedia secara acak. Untuk itu perangkat ini menggunakan fitur "Autofill" yang ada dalam piranti lunak iTunes, yang bisa memilih lagu dari koleksi yang disimpan oleh penggunanya sampai memenuhi kapasitas iPod shuffle tersebut. Menurut Apple Computer, iPod shuffle yang berkapasitas 1GB bisa memuat 240 lagu yang berdurasi 4 menit dan menggunakan format AAC encoding) dengan kualitas 128 kbit/s.

Karena iPod shuffle tidak menggunakan layar dan roda putar, piranti ini tidak dilengkapi dengan fitur lainnya yang biasa ditemui dalam produk iPod seperti: manjemen koleksi lagu, game, buku alamat, kalender, buku catatan ataupun sinkronisasi dengan piranti lunak iSync.

Namun ada beberapa fitur baru yang digunakan iPod shuffle yang sebelumnya tidak tersedia untuk iPod yang lainnya. Salah satunya adalah kemampuan untuk merendahkan kualitas lagu dari bit rate yang lebih tinggi menjadi 128 kbit/s. Perubahan ini terjadi secara langsung pada saat iPod shuffle disambungkan dengan komputer dimana dokumen yang asli dibiarkan tanpa perubahan di dalam komputer pengguna sedangkan dokumen yang memiliki ukaran yang lebih kecil akan dimasukkan ke dalam iPod shuffle.

iPod shuffle memiliki empat tombol: Play/Pause Next Song Previous Song Higher/Lower Volume

Di sisi sebaliknya terdapat tanda kapasitas baterai dan sebuah switch tiga posisi untuk mematikan perangkat atau memilih cara main secara berurutan atau acak. Piranti ini bisa disambung langsung dengan komputer melalui port USB yang juga berguna untuk mengisi ulang baterai di dalam iPod shuffle. Colokan USB-nya terselubung dengan sebuah penutup. Alat ini juga dijual dengan tali yang bisa dikalungkan ke leher seseorang sehingga iPod shuffle tersebut dapat bergelantungan dengan bebas.

iPod shuffle bisa juga dipakai sebagai keydrive. Dengan menggunakan piranti lunak iTunes, pengguna bisa menentukan berapa banyak ruangan untuk menyimpan musik atau lagu.

Pengaruh terhadap masyarakat[sunting | sunting sumber]

iPod shuffle diumumkan bersamaan dengan Mac mini. Seperti iPod shuffle, Mac mini adalah sebuah versi dari produk yang pernah dikeluarkan Apple Computer, tetapi sengaja dibuat lebih kecil dan dijual dengan harga yang lebih bersaing. Kedua produk ini sepertinya merupakan usaha Apple Computer untuk meraih pangsa pasar yang menginginkan komputer yang murah dan juga membuat perusahaan tersebut lebih dikenal oleh masyarakat.

Mengunyah dan Memakan (Chewing and eating)[sunting | sunting sumber]

Karena ukurannya yang kecil (8.38 × 2.49 × 0.84 cm atau 3.3 × 0.98 × 0.33 inci), Apple menjuluki iPod shuffle "lebih kecil dari sekotak permen karet dan lebih menyenangkan" (smaller than a pack of gum and much more fun), dengan catatan kaki di situs Amerika Serikat tertulis: "Jangan makan iPod shuffle" (Do not eat iPod shuffle). Sejak tanggal 21 Januari 2005, kata-kata tersebut sudah dihapus dari situs Amerika Serikat.

Situs versi Britania Raya and Irlandia menggunakan kata-kata yang sedikit diubah: "Jangan mengunyah iPod shuffle" (Do not chew iPod shuffle), sementara situs versi lainnya, seperti Kanada, Perancis and Jerman tidak menyebutkan kata-kata tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]