Hysteric Blue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hysteric Blue
Nama lainHisuburu
AsalJepang
GenreJ-Rock
Tahun aktif1997-2004
LabelSony Music Entertainment
Artis terkaitThe Screaming Frogs
AnggotaTama
Naoki
Takuya

Hysteric Blue (ヒステリック・ブルー) adalah sebuah grup musik Jepang yang menampilkan vokalis wanita bernama Tama. Mereka memulai kariernya pada tahun 1997, dan sempat diributkan karena memiliki kemiripan dengan band Judy and Mary. Grup ini bubar pada awal tahun 2004 karena pemain gitar Naoki menjadi tersangka dalam kasus pemerkosaan.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Tama (竹田真弓, Takeda Mayumi) (vokal)
Lahir di Prefektur Osaka, 28 Oktober 1980
Ikut membintangi film Hachigatsu no Kariyushi, dan pernah berkarier sebagai pengisi suara.
  • Naoki (gitar, pemimpin band)
Lahir 29 Mei 1979
  • Takuya (drum)
Lahir di Prefektur Osaka, 12 April 1980

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, Takuya dan Tama serta dua orang temannya mendirikan band amatir bernama flue. Mereka bermain musik hanya sebagai hobi, dan tidak ingin menjadi band profesional. Setelah diajak Naoki yang memang bercita-cita menjadi pemusik profesional, bertiga mereka membentuk Hysteric Blue pada tahun 1997. Mereka memulai karier bermusik dengan mengadakan pertunjukan di Street Live Tengoku, sebuah tempat terbuka di Taman Istana Osaka.[1] Sewaktu Hysteric Blue belum diorbitkan, Tama dan Takuya masih aktif bersama flue.

Nama grup ini berasal dari gabungan dua merek pakaian di Jepang, Hysteric Glamour dan Betty's Blue. Pita demo mereka menarik perhatian produser rekaman Hisahide Sakuma yang juga pernah mengorbitkan Judy and Mary dan Boøwy. Sampul pita demo yang ilustrasinya digambar sendiri oleh vokalis Tama menarik perhatian Sakuma yang biasanya tidak tertarik mendengarkan pita demo dari pemusik yang minta diorbitkan.

Singel "Rush!" yang dirilis bulan Oktober 1997 menjadi singel perdana Hysteric Blue dengan label baru Pot Artist (Power of Teens Artist) di bawah perusahaan rekaman Sony Music Records. Singel kedua, "Haru ~spring~" yang dirilis tahun 1999 berhasil masuk ke tangga singel Oricon, dan mencuatkan nama Hysteric Blue. Setelah singel ke-4, "Naze" sukses sebagai lagu hit, mereka tampil untuk pertama kalinya dalam acara malam tahun baru NHK Kōhaku Uta Gassen (31 Desember 1999).

Pada bulan Agustus 2000, Takuya bersama teman-teman mendirikan band bernama Shing. Kegiatan bermusik Shing dan Hysteric Blue tetap berlangsung bersama-sama. Namun pada 17 Juni 2003, mereka mengumumkan Hysteric Blue beristirahat untuk sementara. Pada bulan September 2003, kegiatan Hysteric Blue dihentikan setelah mengadakan konser terakhir di Osaka dan merilis sebuah album konser. Setelah Naoki terlibat kasus pidana,[2] Takuya dan Tama secara resmi mengumumkan pembubaran Hysteric Blue pada 4 Maret 2004. Selanjutnya masih dengan produser Hisahide Sakuma, Tama membentuk The Screaming Frogs.[3]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

DVD/VHS[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Paper Blue (30 November 1999)
  • Tamaminoki "B‐Pass Special Edition Hysteric Blue Tama's Teenage Story Book" (23 Maret 2000) ditulis sendiri oleh Tama

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hysteric Blue". Oricon Style. Diakses tanggal 23 Desember. 
  2. ^ ""Hisu-buru" leader, shashin de odoshi futatabi bōkō". ZAKZAK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-23. Diakses tanggal 18 Desember. 
  3. ^ "Moto Hisuburu vocal Tama honkaku saishidō". Nikkan Sports. Diakses tanggal 23 Desember.