Taman Istana Osaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Istana Osaka
Taman Istana Osaka

Taman Istana Osaka (大阪城公園, Ōsakajō-kōen) adalah kawasan taman yang terletak di sekeliling Istana Osaka, kota Osaka, Jepang. Taman dibuka pada tahun 6 November 1931 dengan luas keseluruhan 106.7 hektar.[1]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di dalam kawasan taman terdapat Istana Osaka yang didirikan oleh Toyotomi Hideyoshi. Kawasan ini pernah menjadi medan pertempuran yang disebut Pertempuran Musim Panas Osaka. Fasilitas kesenian dan olahraga di dalam kawasan berupa gedung konser musik bernama Osaka-jo Hall, ruang konser alam terbuka, lapangan bisbol, rugby, dan sepak bola.

Di tengah-tengah taman menempati lokasi yang paling tinggi terdapat menara utama Istana Osaka yang berfungsi sebagai museum. Dari atas menara utama Istana Osaka wisatawan bisa melihat pemandangan kota Osaka yang menempati Dataran Rendah Osaka, Gunung Ikoma dan Teluk Osaka. Masih di kawasan taman terdapat museum perdamaian Peace Osaka dan Taman Nishinomaru.

Di dalam taman terdapat ribuan batang pohon sakura, ume (prem Prunus Mume), dan persik yang mekar di awal musim semi. Festival bunga seruni merupakan acara tahunan setiap musim gugur yang diadakan di kaki menara utama istana. Di sisi lain kawasan taman terdapat taman tradisional Jepang dengan kolam berisi bunga seroja dan berbagai macam jenis tanaman hortensia. Parit istana merupakan tempat tinggal burung liar seperti bebek dan angsa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ōsaka-jō kōen". Asosiasi Pertamanan dan Olahraga kota Osaka. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-15. Diakses tanggal 23 Desember. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]