Hyper v

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hyper-V adalah teknologi Microsoft yang memungkinkan kita memvirtualisasikan lingkungan operasi sehingga kita dapat menjalankan dan mengelola beberapa sistem operasi pada satu komputer. Selain itu, Hyper-V termasuk mesin virtual hadware, yang berarti sudah tertanam dalam perangkat keras, dan memungkinkan kita membuat mesin virtual yang dapat mengoperasikan sistem operasi lainnya di komputer yang memiliki jendela. Salah satu fitur utama Hyper-V adalah kemampuannya sebagai hipervisor, sebuah mesin virtual yang dapat menjalankan dan mengelola beberapa sistem operasi pada Hiporvisor ini mengalokasikan sumber daya fisik dari komputer utama ke setiap mesin virtual, memastikan kinerja optimal dan menjaga mesin virtual yang berbeda terpisah satu sama lain.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Di Hyper-V virtual, memori, prosesor, penyimpanan, dan jaringan adalah bagian komputer fisik yang umum. Seperti komputer fisik, masing-masing bagian memiliki fitur dan opsi yang dapat disesuaikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Ada banyak kategori penyimpanan dan jaringan, dan ada banyak cara untuk mengonfigurasinya sesuai kebutuhan khusus.


Optimisasi menawarkan layanan integrasi yang disesuaikan untuk setiap sistem operasi tamu yang didukung. Layanan integrasi ini dirancang untuk mempermudah pengguna menjalankan sistem operasi virtual.


Salah satu fitur Hyper-V adalah kemampuan untuk terhubung dari jarak jauh melalui fitur yang disebut Connection Virtual ION. Alat ini dapat digunakan dengan Windows dan Linux, dan berbeda dari Komputer Meja karena memungkinkan pengguna mengakses konsol, memungkinkan mereka melihat apa yang terjadi di tamu bahkan ketika sistem operasi belum dimulai.

Sistem operasi yang mendukung[sunting | sunting sumber]

Banyak sistem operasi dapat berjalan pada komputer virtual; umumnya, komputer virtual Hyper-V berjalan pada sistem operasi dengan arsitektur x86. Namun, tidak semua sistem operasi yang dapat dijalankan diuji dan didukung oleh Microsoft.

Refrensi[sunting | sunting sumber]

[1]

Kategori

  1. ^ BenjaminArmstrong (2023-08-25). "Ikhtisar Teknologi Hyper-V". learn.microsoft.com. Diakses tanggal 2024-02-20.