Humood Alkhudher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Humood AlKhudher
حمود عثمان الخضر
Humood AlKhudher bersama Syarif Hasan Al-Banna, pendiri Awakening Records
Humood AlKhudher bersama Syarif Hasan Al-Banna, pendiri Awakening Records
Informasi latar belakang
Nama lahirHamud 'Utsman AlKhudhri
Lahir24 Januari 1989 (umur 35)
Kuwait Kota Kuwait, Kuwait
AsalKuwait
Genre
Pekerjaan
  • penyanyi
  • penulis lagu
  • pemusik
Instrumen
Tahun aktif2002–sekarang
LabelAwakening
Artis terkait
Situs webawakening.org/humood-alkhudher/

Humood Othman AlKhudher (Arab: حمود عثمان الخضر; lahir di Kota Kuwait, Kuwait, 24 Januari 1989) adalah penyanyi kebangsaan Kuwait.[1][2] Humood dibesarkan di keluarga yang berpendidikan. Ayah Humood meraih gelar profesor di bidang psikologi dan menerima ijazah PhD di Inggris. Di sanalah Humood menghabiskan masa kanak-kanaknya. Humood sangat dekat dengan ibunya. Sang ibulah yang memberi pengaruh besar dan yang selalu mendukung perjalanan hidup Humood.

Karier[sunting | sunting sumber]

AlKhudher memulai karier musiknya pada usia 10 tahun ketika ia menjadi vokalis latar untuk pamannya yang juga seniman dan ikut tampil di acara-acara lokal.[3]

Dia menghabiskan sebagian masa kecilnya di Inggris sebelum kembali menetap di Kuwait.[4] Ia menyelesaikan kuliah S2 Komunikasi Massa di Universitas Kuwait, tetapi kecintaannya pada musik membuatnya mengambil keputusan untuk fokus pada bidang seni dan mendirikan perusahaan produksi. Humood juga kuliah di American Berklee College of Music di Boston, Massachusetts di Amerika Serikat.

Humood merilis banyak single yang sukses secara komersial di Timur Tengah. Pada usia 13 tahun, dia menyanyikan lagu Ummi Filisteen, berduet dengan Mishari Al-Aradah[5] tentang penderitaan rakyat Palestina.[6] Dia merilis album debutnya Fekra dengan Salam Productions. Judul lagu "Fekra" digunakan sebagai tema iklan TV untuk Zain Network. Ia juga membawakan lagu tema untuk program televisi Khawater. "Keep Me True" direkam sebagai klip video di Los Angeles, California, diikuti oleh serangkaian konser di Kuwait dan juga Yordania, Yaman serta konser di Istanbul, London, Chicago, Vancouver. Banyak lagunya digunakan dalam iklan promosi di Kuwait dan Dunia Arab. Pada tahun 2013, ia merilis sebuah lagu amal "Zammilouni" tentang korban perang sipil di Suriah. Lagu Humood lainnya digunakan dalam kampanye bertemakan Ramadhan dan amal.

Pada 1 Januari 2015 Humood menandatangani kontrak rekaman eksklusif dengan Awakening Records, dan kemudian pada bulan yang sama ia merilis album bernama Aseer Ahsan. Baru setelah dirilis, album ini membuat daftar penjualan teratas di iTunes Gulf dan menyimpan tempat ke 10 di Billboard for the World Music Albums. Lagu Humood "Kun Anta" melebihi 60 juta penayangan di YouTube dan merupakan penjualan terlaris di iTunes Malaysia.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "يا حلو الكويت تسجل أكثر من 2 5 مليون مشاهدة على يوتيوب". alanba.com (dalam bahasa Arab). Diakses tanggal 2023-06-07. 
  2. ^ "الفنان الكويتي "حمود الخضر" يتعاقد مع شركة أواكينينج". جريدة الدستور (dalam bahasa Arab). 2015-01-02. Diakses tanggal 2023-06-07. 
  3. ^ Sekka (2020-04-29). "Humood Al Khudher: The Kuwaiti artist uplifting us through music". Sekka (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-07. 
  4. ^ Desk, The Cognate News (2023-02-02). "Syed Iqbal Zaheer - Biography, Age, Family, Books". The Cognate (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-07. 
  5. ^ "حمود الخضر: هذا ما تعلمت من مشاري العرادة - آخر الأخبار : البلاد". www.elbilad.net (dalam bahasa Arab). Diakses tanggal 2023-06-07. 
  6. ^ شبير, دارين (2017-06-05). "حمود الخضر.. منشد يرفع شعار الإيجابية". www.albayan.ae (dalam bahasa Arab). Diakses tanggal 2023-06-07.