How I Learned to Fly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

How I Learned to Fly atau judul terjemahan Indonesianya Ramuan Ajaib adalah buku kelima puluh dua dari seri Goosebumps oleh R.L. Stine.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jack Johnson adalah seorang remaja berusia 12 tahun yang selalu bersaing dengan temannya, Wilson Thompson. Hanya saja, Wilson selalu menang segalanya, dan Jack selalu kalah dalam segala hal. Jack menyukai Mia, teman cewek sepermainannya yang juga disukai Wilson. Saat Mia berulang tahun, Jack membuatkan gambar dirinya dalam pakaian pahlawan super sedang menyelamatkan Mia, tetapi Wilson ternyata menggambarkan gambar Wilson dalam pakaian pahlawan super dalam puluhan jilid dan tentu saja mengalahkan Jack. Kemudian Wilson selalu memenangkan pertandingannya dengan Jack yang sebenarnya tentu saja bukan sebuah pertandingan betulan.

Diulang tahun Mia lalu Jack memberikan hadiah lain, yaitu sebuah kaset Deep Purple. Wilson lalu mengalahkan Jack dengan mudah yaitu dengan memberikan Mia hadiah tiket nonton konser Deep Purple di bangku terdepan. Jack, yang kesal, kabur dari pesta itu karena tidak tahan dengan Wilson yang selalu saja mengalahkannya. Jack sampai di rumah pantai yang tua dan ia menemukan sebuah buku dengan resep agar bisa terbang. Jack membawa pulang buku itu, tetapi baru beberapa hari kemudian ia baru membacanya. Setelah membuat resepnya, Jack akhirnya mengalahkan Wilson dengan menunjukkan kepada Mia bahwa ia bisa terbang.

Sayangnya, Wilson kemudian menunjukkan bahwa ia juga bisa terbang dengan mencuri resep Jack.

Mia terkesan dengan Jack dan Wilson yang bisa terbang, dan menyebarkannya ke semua teman di sekolah. Guru olahraga mereka lalu mengadakan lomba terbang, yang diakhiri dengan kekaguman dari semua penonton. Orangtua Jack yang juga tahu akhirnya membuat nama baru untuk Jack, "The Amazing Flying Kid". Jack lalu mendapatkan iklan mobil dan banyak tes, begitu juga dengan Wilson yang juga bisa terbang. Pada akhirnya, Jack dan Wilson ikut dalam lomba terbang yang diadakan pemerintah dan yang menang akan memenangkan satu miliar Dollar.

Jack dan Wilson bertanding, tetapi semua orang terpana saat melihat Wilson melaju dengan lancar sementara Jack tidak bisa terbang lagi. Akhirnya Wilson memenangkan pertandingan dengan Jack satu kali lagi. Wilson pun dapat hadiah itu, beserta semua orang yang selalu mengikutinya ke mana pun untuk mengetes, mengamati serta mengerubunginya setiap saat. Wilson lalu pindah rumah dan sekolah dan keliling dunia dengan peneliti dan para pengagumnya.

Jack yang kembali ke kehidupan normalnya tetap menjalani hidup seperti biasa, dan tanpa Wilson, Jack bebas hang out hampir setiap saat dengan Mia. Jack berbohong bahwa sebenarnya ia masih bisa terbang, dan ia harus berpura-pura agar Wilson-lah yang mendapatkan semuanya dan ia akan pergi jauh, sementara Jack santai dikehidupan asalnya. Kadang Jack masih sering terbang, lalu ia membayangkan kehidupan Wilson yang tak ada hentinya dengan dikelilingi peneliti, tentara, dan pengagumnya dengan tanpa satu pun waktu untuk istirahat.

Hei, Jack tidak selalu kalah oleh Wilson kan?

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Situs bloggerbeware.com menyatakan buku ini adalah buku terbaik kesepuluh dari seluruh buku Goosebumps, karena buku ini menceritakan dengan rapi tentang obsesi seorang remaja untuk mendekati lawan jenisnya dengan segala cara, dan diakhiri dengan selesaian yang pintar.