Hilangnya Kiplyn Davis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kiplyn Davis
Lahir(1979-07-01)1 Juli 1979
Provo, Utah, Amerika Serikat
Meninggal2 Mei 1995(1995-05-02) (umur 15)
Spanish Fork, Utah, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
PendidikanSpanish Fork High School

Kiplyn Davis (1 Juli 1979 – 2 Mei 1995) adalah siswa sekolah menengah atas Amerika Serikat berusia 15 tahun yang dilaporkan hilang dan diduga dibunuh pada tanggal 2 Mei 1995. Dia merupakan siswa unggulan di Polly Klaas Foundation.

Hilangnya Kiplyn Davis[sunting | sunting sumber]

Kiplyn, seorang siswa tahun kedua, terakhir terlihat di SMA Spanish Fork di Spanish Fork, Utah. Pagi itu dia bertengkar dengan kedua orang tuanya. Ia hadir lebih awal di kelas pendidikan pengemudi pagi itu dan terlihat saat makan siang di kantin sekolah dengan teman dan teman-teman sekelasnya. Dia tidak muncul pada periode kelas keempat dan kelima. Tetapi, salah satu teman dekatnya mengatakan bahwa ia berbicara dengan Kiplyn sekitar periode kelas keempat dan kelima, namun kemudian ia mengubah ceritanya. Semua barang-barang pribadi seperti dompet, bedak riasan, alat penahan gigi, dan buku-buku sekolah, ditinggalkan di loker di sekolahnya dan tidak pernah kembali ke rumah pada hari itu. Peristiwa tersebut telah dipastikan sebelumnya bahwa Kiplyn mengatakan kepada teman-temannya bahwa dia tidak akan menghadiri kegiatan yang direncanakan malam itu, dan pada kenyataannya, akan lebih baik jika dia melarikan diri. Dia dilaporkan hilang ketika ia tidak kembali di rumah pukul 17.00, di mana dia selalu pulang pada pukul 15.30.

Setelah berbulan-bulan berlalu tanpa kembalinya Kiplyn atau petunjuk keberadaannya, polisi mulai mencurigai kecurangan dalam kepergiannya. Meskipun dia bertengkar dengan orang tuanya pada hari kepergiannya dan menyebutkan hal tersebut sebagai alasan untuk lari, keluarganya percaya bahwa dia dibunuh. Setelah kepergiannya, ada rumor bahwa jasadnya dimakamkan di sebuah ngarai, sebuah terowongan kereta api, di bawah sebuah bangunan, dan berbagai lokasi lain, tapi tubuhnya tetap tidak pernah ditemukan. Empat tahun setelah kepergiannya, keluarganya mengadakan upacara peringatan untuk Kilyn dan memasang penanda namanya di Pemakaman Kota Spanish Fork.

Penyelidikan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Jaksa Amerika Serikat, Paul Warner, menghidupkan kembali penyelidikan kematian Kiplyn. Timmy Brent Olsen dan Christopher Neal Jeppson telah didakwa dengan pembunuhan itu.[1]

Pada 6 Mei 2009, Jaksa negara bagian Utah menjatuhkan tuduhan pembunuhan kepada Christopher Neal Jeppson. Di pengadilan, ia menandatangani surat pernyataan bahwa dia tidak tahu keadaan atau penyebab hilangnya Kiplyn Davis. Ia tidak bisa lagi memohon banding pada setiap tuduhan yang terkait dengan penyelidikan Kiplyn Davis.[2]

Rucker Leifson mengaku bersalah atas tuduhan berbohong kepada dewan juri dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara. Gary Blackmore dan Scott Brunson juga bersalah karena berbohong kepada dewan juri, kalimat-kalimat mereka bergantung pada kesaksian mereka terhadap Olsen.

Pada 1 Juni 2009, berita tentang keputusan oleh hakim pada mosi pembatalan tuduhan pembunuhan terhadap Olsen diumumkan. Hakim memutuskan menunda putusan apapun dalam kasus ini, menyatakan ia tidak mendengar semua bukti dari jaksa. Pembuktian sidang menentukan apakah ada bukti kematian masih dimungkinkan.[3]

Pada 11 Februari 2011, Timmy Brent Olson mengaku bersalah atas pembunuhan dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Ia mengklaim bahwa ia melihat orang lain memukul kepala Kiplyn dengan batu dan membantu menyingkirkan tubuhnya, tapi ia menolak menyebutkan nama orang lain.[4] Meskipun mengakui bahwa ia membantu memindahkan dan mengubur tubuh Kiplyn, ia menolak untuk memberitahu pihak berwenang di mana tubuh terletak.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salt Lake Tribune – Renewed search for Kiplyn Davis could go on for weeks". Diakses tanggal 2008-05-01. 
  2. ^ Sara Israelsen-Hartley (May 7, 2009). "Jeppson pleads no contest to lesser charge in Kiplyn case". Deseret News. Diakses tanggal August 27, 2011. 
  3. ^ Sara Israelsen-Hartley (June 2, 2009). "Judge issues a no-ruling on the no-body issue in Kiplyn case". Deseret News. Diakses tanggal August 27, 2011. 
  4. ^ "Olsen takes plea deal in Kiplyn Davis case". ksl.com. 11 February 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-21. Diakses tanggal 23 March 2017. 
  5. ^ Paul Koepp (Feb 11, 2011). "Timmy Olsen pleads guilty to role in Kiplyn Davis killing". Deseret News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-20. Diakses tanggal December 4, 2016.