Hercule Poirot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hercule Poirot adalah seorang tokoh fiksi yang merupakan tokoh utama yang berprofesi detektif dalam novel-novel karangan Agatha Christie dan muncul dalam lebih dari 30 bukunya. Karakter ini lahir di Belgia, dan pernah bekerja sebagai polisi di sana, tetapi kemudian pindah ke Inggris setelah Perang Dunia I dan memulai kariernya sebagai detektif swasta.

Poirot dikenali dari perawakannya yang kecil, kepalanya yang berbentuk telur, kumisnya yang tegas dan berminyak, kebiasaan dandannya yang necis, obsesinya akan kerapian dan keteraturan, dan ejekannya terhadap metode detektif yang seringkali harus merangkak mencari-cari petunjuk (ini merupakan semacam sindiran terhadap Sherlock Holmes, detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle). Dia lebih suka menyelidiki aspek psikologis dari sebuah kejahatan, dan sesekali bertaruh dengan sahabatnya, Kapten Arthur Hastings, bahwa dia dapat memecahkan sebuah kasus dengan hanya duduk di kursi malas, dan menggunakan "sel-sel kecil kelabu"nya.

Seperti juga detektif-detektif besar di fiksi misteri lainnya, (termasuk Miss Marple dan Sherlock Holmes), Poirot tidak menikah.

Alamat fiksinya (dari kartu namanya) adalah:

Hercule Poirot
56B Whitehaven Mansions, Sandhurst Square
London W1, Inggris.