Henri Nestlé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Henri Nestlé
Henri Nestlé
Lahir Heinrich Nestle
10 Agustus 1814
Frankfurt am Main, Jerman
Meninggal 7 Juli 1890 (umur 75)
Montreux, Swiss
Tempat peristirahatan Pemakaman Territet, Montreux, Swiss
Pekerjaan Manisan
Penemuan Nestlé
Pasangan Anna Clementine Therese Ehemant
Orang tua Johann Ulrich Matthias Nestle (ayah)
Anna-Maria Catharina Ehemann (ibu)
Kerabat Gustav Edmund Nestle (saudara)

Henri Nestlé (lahir dengan nama Heinrich Nestle di Frankfurt am Main, Jerman, 10 Agustus 1814 – meninggal di Vaud, Swiss, 7 Juli 1890 pada umur 75 tahun) adalah manisan Swiss dan pendiri Nestlé, terbesar di dunia perusahaan makanan dan minuman,[1] serta salah satu pencipta utama susu kental manis.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Heinrich Nestle lahir pada tanggal 10 Agustus 1814, di Frankfurt am Main, Jerman.[2] Dia adalah kesebelas empat belas anak Johann Ulrich Matthias Nestle dan Anna-Maria Catharina Ehemann. Ayah Nestle oleh tradisi mewarisi bisnis ayahnya Johann Ulrich Nestle dan menjadi tukang kaca di Töngesgasse. Walikota kemudian Frankfurt am Main, Gustav Edmund Nestle, adalah saudaranya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Keluarga Nestle memiliki itu asal di Swabia selatan, terutama di distrik Hutan Hitam sebagai Dornstetten, Freudenstadt, Mindersbach, Nagold dan Sulz am Neckar. Dalam dialek Swabia "Nestle" adalah sarang burung kecil itu.

Nama Nestle juga memiliki variasi yang berbeda, termasuk: Nästlin, Nästlen, Nestlin, Nestlen, dan Niestle.

Pohon Keluarga Nestle dimulai dengan tiga bersaudara (dengan demikian tiga burung muda di sarang diberi makan oleh ibu mereka pada lambang keluarga) dari Mindersbach menelepon Hans, Heinrich dan Samuel Nestlin. Ayah dari tiga anak ini lahir sekitar tahun 1495. Hans, anak tertua, lahir pada tahun 1520 dan memiliki seorang putra dengan nama yang sama, yang kemudian menjadi walikota Nagold. Anaknya Ulrich adalah tukang cukur dan anak kelimanya adalah tukang kaca pertama dalam keluarga. Selama lebih dari lima generasi profesi ini diturunkan dari ayah ke anak. Selain itu nestles memberikan sejumlah walikota untuk borough Dornstetten, Freudenstadt, Nagold dan Sulz pada Neckar.

Pergantian nama dari Heinrich Nestle ke Henri Nestlé[sunting | sunting sumber]

Sebelum Nestlé berbalik 20 pada tahun 1836, ia telah menyelesaikan magang empat tahun dengan J.E. Stein, seorang pemilik farmasi. Pada akhir 1839, ia resmi yang berwenang untuk melakukan percobaan kimia, membuat resep, dan menjual obat-obatan. Selama waktu ini, ia mengganti namanya menjadi Henri Nestlé untuk beradaptasi lebih baik dengan kondisi sosial baru di berbahasa Perancis Vevey, Swiss.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1843, Henri Nestlé membeli ke salah satu industri yang paling progresif dan serbaguna di wilayah ini pada saat itu, produksi rapeseed. Ia juga terlibat dalam produksi minyak kacang (digunakan untuk bahan bakar lampu minyak), minuman, rum, absinthe dan cuka. Ia juga mulai memproduksi dan menjual air mineral berkarbonasi dan limun, meskipun selama tahun-tahun krisis 1845-1847 Nestlé menyerah produksi air mineral. Pada tahun 1857 ia mulai berkonsentrasi pada penyalaan lampu gas dan pupuk.

Perkawinan[sunting | sunting sumber]

Henri dan Anna Clementine Therese Ehemant menikah pada tanggal 23 Mei 1860 di Frankfurt, Jerman.

Karir Nestlé S.A.[sunting | sunting sumber]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Hal ini tidak diketahui kapan mulai Nestlé bekerja pada proyek formula bayi, meskipun dengan 1867 Nestlé mampu menghasilkan produk susu bubuk yang layak.[3] Minatnya diketahui telah didorong oleh beberapa faktor. Meskipun Nestlé dan istrinya tidak memiliki anak, mereka menyadari tingginya angka kematian di antara bayi, dan Nestlé akan telah menyadari pekerjaan Justus Liebig dalam mengembangkan formula bayi. Selain itu, susu segar tidak selalu tersedia di kota-kota besar, dan perempuan dalam masyarakat yang lebih tinggi mulai melihat menyusui sebagai "ketinggalan zaman" pilihan.

Nestlé gabungan susu sapi dengan gandum dan gula untuk menghasilkan pengganti ASI. Selain itu, ia dan temannya Jean Balthasar SchnetzleR, seorang ilmuwan dalam nutrisi manusia, menyingkirkan asam dan kanji dalam tepung terigu karena mereka sulit bagi bayi untuk dicerna. Awalnya disebut "kindermehl", (anak-anak tepung), produknya memiliki keuntungan lebih Liebig "Soup untuk bayi" dalam hal itu jauh lebih mudah untuk mempersiapkan, hanya perlu direbus sebelum makan, dan segera terbukti menjadi pilihan yang layak untuk bayi yang tidak mampu menyusui. Orang dengan segera mengakui nilai produk yang baru dan segera, Farine Lactée Henri Nestlé (Henri Nestlé Susu Tepung dalam bahasa Perancis) yang dijual di sebagian besar Eropa. Pada 1870-an, Makanan Bayi Nestlé, dibuat dengan malt, susu sapi, gula, dan tepung terigu, adalah menjual di AS, untuk $ 0,50 per botol.

Pensiun[sunting | sunting sumber]

Henri Nestlé menjual perusahaannya pada tahun 1875 untuk rekan bisnis dan kemudian tinggal bersama keluarganya bergantian di Montreux dan Glion, di mana mereka membantu orang-orang dengan pinjaman kecil dan publik memberikan kontribusi terhadap peningkatan infrastruktur lokal. Dalam Glion ia pindah ke sebuah rumah yang kemudian dikenal dengan Villa Nestlé.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Nestlé meninggal karena serangan jantung di Glion pada tanggal 7 Juli 1890 dan dimakamkan di Pemakaman Territet di Montreux.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Henri Nestlé-Ehmant (1814 - 1890) - Find A Grave Memorial.
  2. ^ Koese, Yavuz. (2008). "Nestle in the Ottoman Empire: Global Marketing with Local Flavor 1870–1927". Enterprise and Society", 9:4. pp 724–761 doi:10.1093/es/khn045
  3. ^ Cadbury, Deborah. (2010). Chocolate Wars: From Cadbury to Kraft: 200 years of Sweet Success and Bitter Rivalry, HarperCollins UK, ISBN 9780007325566.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Nestlé, H. W.: Die Familie Nestlé, einschl. Stammbaum der Familie. Stuttgart 1976
  • Pfiffner, A.: Henri Nestlé: Vom Frankfurter Apothekergehilfen zum Schweizer Pionierunternehmer. Zürich, 1993
  • Alex Capus: Patriarchen, Albrecht Knaus-Verlag, München 2006. ISBN 3-8135-0273-2.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]