Heliosfer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Diagram heliosfer.

Heliofer adalah sebuah gelembung di angkasa luar yang "ditiup" pada medium antarbintang (gas hidrogen dan helium yang menyelubingi galaksi) oleh angin surya. meski atom bermuatan netral dapat menembus gelembung ini, hampir semua bahan di dalam gelembung ini berasal hanya dari matahari.

Pada radius sepuluh miliar kilometer yang pertama, angin surya bergerak pada kecepatan sekitar satu juta kilometer per jam.[1][2] Saat mulai berkolisi dengan medium antarbintang, angin surya mengalami perlambatan sampai akhirnya berhenti sama sekali. Titik dimana angin surya mengalami perlambatan dinamai "termination shock", dan titik dimana medium antarbintang dan tekanan angin surya adalah sama disebut 'heliopause'. Titik dimana medium antarbintang berbalik arah, dan mengalami perlambatan saat bertabrakan dengan heliosfer disebut bow shock.

Struktur[sunting | sunting sumber]

The heliospheric current sheet.

The heliospheric current sheet

Lembar Aliran Heliosfer (The heliospheric current sheet) adalah gelombang pada heliosfer yang terjadi karena rotasi medanmagnet matahari. Gelombang ini dianggap merupakan struktur terbesar dalam tat surya dan bentuknya mirip rok gadis penari balet. [3]


Struktur bagian luar

Strutur bagian luar dari heliosfer dipengaruhi oleh interaksi antara angin surya dan angin di ruang antarbintang. Angin matahari menyembur keluar dari matahari ke segala arah dengan kecepatan beberapa ratus ribu kilometer per jam pada daerah sekitar bumi. Pada jarak yang jauh dari matahari, melampaui jauh orbit neptunus, angin supersonik ini mulai melambat saat bertemu dengan medium antar bintang. Peristiwa ini terjadi dalam dua tahap:

  • Angin matahari bergerak pada kecepatan supersonic di dalam tata surya. Pada daerah termination shock, yang merupakan gelombang diam (standing wave), angin surya kecepatannya jatuh ke tingkat subsonik.
  • Pada titik subsonik, angin surya mulai dipengaruhi oleh aliran latar belakang dari medium antar bintang. Tekanan gas menyebabkan angin surya membentuk ekor mirip komet pada sisi belakan matahari. Ini dinamai heliosheath.
  • permukaan luar heliosheath, dimana helisfer bertemu dengan medium antarbintang dinamai heliopause. Titik ini adalah ujung seluruh heliosfer.
  • Heliopause menimbulkan turbulent pada medium antarbintang seiring matahari mengorbit pusat galaksi. Bow shock, diluar heliopause, adalah daerah turbulent yang disebabkan gerak tekanan heliopause terhadap medium antarbintang.


The solar system, in logarithmic scale, showing the outer extent of the heliosphere, the Oort cloud and Alpha Centauri

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dr. David H. Hathaway (January 18, 2007). "The Solar Wind". NASA. Diakses 2007-12-11. 
  2. ^ Britt, Robert Roy (March 15, 2000). "A Glowing Discovery at the Forefront of Our Plunge Through Space". SPACE.com. Diakses 2006-05-24. 
  3. ^ Mursula, K.; Hiltula, T., (2003). "Bashful ballerina: Southward shifted heliospheric current sheet". Geophysical Research Letters 30 (22): 2135. doi:10.1029/2003GL018201. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]