Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harvest Moon: Friends of Mineral Town
Publikasi
April 18, 2003
  • More Friends of Mineral Town[1]
GenreSimulation game/role-playing video game
Karakteristik teknis
PlatformGame Boy Advance dan Wii U
ModePermainan video pemain tunggal
Formatunduhan digital
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangMarvelous Interactive
PenyuntingMarvelous Entertainment
ProdusenYasuhiro Wada
DesainerMiki Miyagi
KomponisAi Yamashita
Penerbit
SenimanIgusa Matsuyama
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
Informasi tambahan
Situs webbokumono.com… (Jepang)
MobyGamesharvest-moon-friends-of-mineral-town dan harvest-moon-more-friends-of-mineral-town
Bagian dari Story of Seasons
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Harvest Moon: Friends of Mineral Town (bahasa Jepang: 牧場物語 ミネラルタウンのなかまたちatau, Bokujō Monogatari: Mineral Town no Nakama Tachi) adalah sebuah permainan video untuk Game Boy Advance yang dikembangkan oleh Marvelous Inteactive Inc.. Permainan ini pertama kali dirilis di Jepang pada 18 April 2003.[2] Game ini kemudian dirilis pada Konsol Virtual Wii U pada 11 Juni 2015.

Pemain berperan sebagai petani yang memiliki tujuan untuk mendapat keuntungan dari kebun yang ia kelola dengan memproduksi tanaman dan mengurusi ternak. Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah permainan Game Boy Advance pertama dari seri Harvest Moon dan merupakan sebuah versi ulang dari Harvest Moon: Back to Nature.

Cerita dan gameplay[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dalam game ini tidak memiliki nama default. Pada sekuen pembukaan, pemain ditampilkan sebagai seorang anak kecil yang hidup di kota yang orang tuanya membawa dia untuk libur di pedesaan. Selama perjalanan mereka pemain tersesat dan kemudian menemukan kebun dari seorang kakek-kakek di Mineral Town. Kakek tersebut menolong pemain untuk mencari orang tuanya dan memberi tawaran pada dia dan keluarganya untuk tinggal selama beberapa hari karena dia tidak memiliki keluarga. Orang tua pemain pun setuju dan pemain tinggal di kebun untuk sementara. Di kebun, pemain bermain bersama seorang gadis yang kemudian menjadi temannya. Setelah pemain meninggalkan Mineral Town, dia terus menulis surat pada kakek tersebut. Suatu hari, saat dia sudah besar, surat-surat dari kakek tersebut tiba-tiba berhenti. Pemain pun pergi ke Mineral Town melihat bahwa kebunnya sudah tak terurus dan mendapati bahwa kakek tersebut telah meninggal setengah tahun yang lalu. Bupati (Mayor) Mineral Town memberi tahu pemain bahwa dalam wasiat si kakek dia mewariskan kebunnya untuk pemain. Pemain memutuskan untuk memulihkan lagi kebunnya dan permainan pun dimulai.

Pemain mulai dengan lima alat dan harus mendapat uang dengan membersihkan lapangan luas di kebun dan menanam tanaman, menambang ataupun mencari makan. Uang ini bisa digunakan untuk membeli barang lain seperti ternak dan untuk mengembangkan kebunnya.

Aspek sosial dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town adalah bagian besar dari game ini. Ada banyak penduduk untuk diajak berteman dan enam gadis yang bisa dinikahi salah satunya. Berteman dengan penduduk membuat pemain bisa mempelajari resep dan sejarah desa dan menikah membuat pemain bisa memiliki anak.[3]

Game ini menawarkan konektivitas dengan permainan Nintendo GameCube yakni Harvest Moon: A Wonderful Life menggunakan kabel jaringan antara Game Boy Advance dan Nintendo GameCube.

Gadis desa[sunting | sunting sumber]

Pemain memiliki pilihan untuk menikahi salah satu dari enam calon istri yang tinggal di Mineral Town. Prosesnya sama seperti permainan-permainan Harvest Moon lainnya. Berikut adalah daftar lengkap dari kebutuhan yang diperlukan sebelum Anda bisa merayu salah satu gadis desa.

Ann[sunting | sunting sumber]

Ann adalah putri Doug dan dia membantu ayahnya menjalankan Inn. Dia agak sedikit tomboy yang membuat ayahnya khawatir. Dia takut kalau-kalau Ann tidak akan pernah menikah karena dia tidak feminin. Ibu Ann meninggal saat dia masih kecil. Dia berjiwa bebas dan suka makan. Ann suka bersih-bersih sama seperti kesukaannya akan memasak. Dia hampir selalu ada di Inn, tetapi kadang pergi ke Goddess Spring pada dini hari pada hari yang cerah.

Elli[sunting | sunting sumber]

Elli adalah perawat yang bekerja di sebuah klinik bersama seorang Dokter. Kebanyakan waktunya dia habiskan di klinik, tetapi pada hari rabu dia merawat neneknya yakni Ellen dan adiknya Stu saat klinik tutup. Dia punya sifat keibuan dan selalu khawatir pada orang lain.

Karen[sunting | sunting sumber]

Karen adalah gadis yang cepat akrab yang suka bersantai di sekitar bar atau pantai pada malam. Dia bekerja di Supermarket selama siang hari. Karen payah dalam memasak dan salah satu piringnya pernah membuat pingsan karakter utama dalam salah satu heart event-nya.

Mary[sunting | sunting sumber]

Mary adalah gadis yang pemalu dan baik hati yang bekerja di perpustakaan kota. Dia suka membaca buku dan tertarik pada tanaman seperti ayahnya Basil. Di juga mencoba menulis beberapa bukunya sendiri, tetapi kadang terlalu malu untuk menunjukkannya pada orang lain.

Popuri[sunting | sunting sumber]

Popuri adalah gadis femininm yang bekerja di peternakan unggas keluarganya. Dia menyukai anjing pemain, tetapi takut saat anjingnya dewasa. Dia suka telur dan ayam.

Harvest Goddess[sunting | sunting sumber]

Harvest Goddess tinggal di air terjun di dekat Tambang Spring. Dia adalah kandidat rahasia yang bisa dinikahi. Sebelum pemain bisa menikahinya, mereka harus menyelesaikan beberapa tantangan. Tidak seperti kandidat lainnya, level hatinya tidak terlihat, jadi pemain harus melamarnya dan melihat bagaimana responnya. Dia tidak tinggal di rumah pemain setelah menikah karena dia hanya muncul pada event-event seperti menikah dan melahirkan. Tidak seperti gadis lain, tidak ada saingan dalam mendapatkannya. Dia tidak pernah meninggalkan tambang spring, jadi dia gampang ditemukan. Tampaknya hanya Carter si Pendeta yang tahu akan keberadaannya dengan pasti.

Saingan[sunting | sunting sumber]

Game ini juga menampilkan 5 saingan untuk setiap gadis kecuali Harvest Goddess yang akan menikahi mereka jika pemain tidak menghentikan mereka.

Cliff[sunting | sunting sumber]

Cliff adalah seorang petualang yang datang ke Mineral Town. Dia tak punya rumah dan kebanyakan waktunya dia habiskan di gereja. Jika Cliff memutuskan untuk tinggal di Mineral Town (dengan memulai sebuah event pada Fall yang melibatkan Duke dan pekerjaan Memanen Anggur. Bicaralah pada Cliff setelah menerima tawaran kerja), dia akan pindah ke Inn dan bekerja paruh waktu di Winery. Jika Cliff tidak menetap di Mineral Town, dia pada akhirnya akan jatuh cinta pada Ann dan keduannya akan menikah jika pemain tidak menikahi Ann. Jika Cliff pindah dari Mineral Town, maka Ann tidak akan pernah bisa dinikahi.

Dokter[sunting | sunting sumber]

Dokter bekerja di klinik dan bisa melakukan tes pada energi levelmu dengan bayaran 10g. Dia bekerja bersama Elli yang akan dia nikahi nanti jika pemain tidak menikahinya terlebih dahulu.

Gray[sunting | sunting sumber]

Gray adalah seorang pandai besi magang yang antisosial. Dia bekerja bersama kakeknya Saibara dan Gray sering merasa frustasi atas kritik tajam kakeknya. Dia mendapat ketenangan dengan membaca saat dia tidak sibuk bekerja dan menghabiskan waktunya di perpustakaan. Karena ini, dia menghabiskan banyak waktu bersama Mary dan keduanya akan menikah jika pemain tidak menikahi Mary.

Kai[sunting | sunting sumber]

Kai hanya muncul selama Summer dan merupakan gebetan Popuri. Dia pribadi yang bebas lepas yang hanya ingin menghabiskan waktu dengan baik. Hampir semua pria di Mineral Town tidak menyukainya karena beberapa alasan. Dia menjalankan Seaside Shack di pantai. Jika dia menikahi Popuri, keduannya akan meninggalkan Mineral Town dan kembali untuk mengunjunginya hanya pada Summer.

Rick[sunting | sunting sumber]

Rick adalah kakak yang overprotektif pada Popuri dan benci Kai. Dia bekerja di Poultry Farm bersama adiknya itu dan ibunya yang sakit-sakitan Lilia. Rick benci ayahnya Rod karena meninggalkan keluarganya dengan alasan mencari obat untuk penyakit Lilia. Rick adalah pekerja keras dan pecinta binatang. Rick akan bersaing melawanmu untuk mendapatkan Karen.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

IGN menilai game ini 8,9 atau "great" dan mengatakan bahwa game ini "deceptively engrossing" dan bahwa persembahan grafik dari siklus siang dan malam sangat bagus.[4] GameRankings memberi skor rata-rata 82% dari 30 ulasan.[5]

Harvest Moon: More Friends of Mineral Town[sunting | sunting sumber]

Harvest Moon: More Friends of Mineral Town (牧場物語 ミネラルタウンのなかまたち for ガール, Bokujō Monogatari: Mineral Town no Nakama Tachi for Girl) adalah versi wanita dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town. Dalam game ini, karakter utamanya adalah seorang gadis dan bisa menikahi salah satu dari delapan pemuda bujang. Awalnya pemain sedang ada di sebuah kota sambil membaca koran. Dia melihat sebuah iklan kebun yang indah dan tertarik dengan kehidupan pedesaan, maka dia memutuskan untuk membelinya. Dia mengunjungi kebun dan menyadari bahwa dia telah ditipu karena kebunnya sudah rusak dan butuh pemeliharaan. Karena dia telah mengundurkan diri dari pekerjaan dan menjual apartemennya, pemain memutuskan untuk membuat kebunnya lebih baik sebaik yang dia bisa. Game pun dimulai.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  1. Jika pemain menaruh golden lumber di lapangan mereka, penduduk akan datang setiap pagi untuk menghina pemain dan #menyebut mereka "Moneybags".
  2. Jika Anda menyalakan TV pada Jumat tanggal 13 , maka tidak akan ada berita. Ini agaknya merujuk pada takhayul orang #Amerika pada nomor 13 sebaga angka sial.
  3. Jika pemain menikahi Karen, saat pemain berbicara padanya saat hari hujan dia akan berkata, "Sungguh hari yang cerah!"
  4. Saat hari bersalju dan pemain berbicara pada Harris saat dia patroli, dia akan berkata, "Aku benci saat hari hujan!"
  5. Sofa di rumah sakit dieja sopha bukannya sofa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Harvest Moon: More Friends of Mineral Town Release Dates". Gamespot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-28. Diakses tanggal January 24, 2012. 
  2. ^ "Harvest Moon: Friends of Mineral Town Release Dates". Gamespot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-16. Diakses tanggal January 24, 2012. 
  3. ^ "Your Family". Ushi No Tane x4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-21. Diakses tanggal November 30, 2011. 
  4. ^ Craig Harris (November 24, 2003). "Harvest Moon: Friends of Mineral Town". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-17. Diakses tanggal 2008-02-12. 
  5. ^ "Harvest Moon: Friends of Mineral Town Reviews". GameRankings. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-09. Diakses tanggal November 28, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]