Hari Prešeren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Hari Prešeren
Potret penyair nasional Slovenia France Prešeren
Dirayakan olehSlovenia
Tanggal8 Februari
Frekuensitahunan

Hari Prešeren (bahasa Slovenia: Prešernov dan), lengkapnya Hari Prešeren, Hari Libur Budaya Slovenia (bahasa Slovenia: Prešernov dan, slovenski kulturni praznik), adalah hari libur yang diperingati di Slovenia setiap tanggal 8 Februari.[1] Hari raya ini memperingati kematian penyair nasional Slovenia France Prešeren pada 8 Februari 1849 dan merupakan perayaan budaya Slovenia. Pertama kali diperingati pada tahun 1945 untuk meningkatkan kesadaran budaya dan kepercayaan diri bangsa Slovenia,[2] dan dijadikan hari libur pada tahun 1991.[3] Pada tanggal 7 Februari, sehari sebelum peringatan, Prešeren Awards dan Prešeren Fund Awards, penghargaan tertinggi Slovenia untuk pencapaian budaya, dianugerahkan. Hari Prešeren terus menjadi salah satu hari libur Slovenia yang paling banyak dirayakan. Pada hari ini, semua museum dan galeri di penjuru negeri menggratiskan tiket masuk, dan berbagai acara bertema kebudayaan digelar. Perayaan ini dirayakan tidak hanya di Slovenia, tetapi juga oleh komunitas Slovenia di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Holidays and Days off in the Republic of Slovenia Act: Official Consolidated Text" (PDF). Protocol of the Republic of Slovenia. 30 November 2005. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 3 Maret 2016. 
  2. ^ Gabrovšek, D. (Januari 1984). "Slovenski kulturni praznik" [The Slovene Cultural Holiday]. Naš časopis [Our Newspaper] (dalam bahasa Slovenian). XII (106). Vrhnika: Zavod Ivana Cankarja za kulturo, šport in turizem Vrhnika [Ivan Cankar Institute for Culture, Sport and Tourism Vrhnika]. hlm. 6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-03. Diakses tanggal 2022-02-08. 
  3. ^ Naglič, Miha (3 Februari 2008). "Prešernov dan" [Prešeren Day]. Gorenjski glas (dalam bahasa Slovenian). GG Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2012.