Halaman Rumah Tua di München

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Halaman Rumah Tua di München karya Adolf Hitler.

Halaman Rumah Tua di München (1914) adalah salah satu lukisan karya Adolf Hitler yang dibuatnya ketika bekerja sebagai seorang seniman. Ia menggambarkan lapangan batu di depan sebuah rumah besar.[1] Saat Hitler tinggal di München, ia menghabiskan hari-harinya dengan membaca dan melukis, dan mengejar cita-citanya sebagai seniman independen.[2]

Hitler menggunakan cat air untuk menunjukkan rasa cintanya terhadap seni lukis dan arsitektur.[3] Lukisan ini menampilkan gaya dan keterampilannya memakai cat air yang menonjolkan batas bangunan rumah. Di sebelah kiri, terdapat dua pohon halus yang memutus garis pinggir rumah ini. Pada sejumlah lukisan cat air Hitler, Charles Snyder menulis bahwa, "[Hitler] sangat memperhatikan bangunan-bangunan yang dikelilingi air dan tumbuh-tumbuhan, [tetapi] arsitektur tetap yang paling utama... Bukan tumbuhan, terutama dedaunan di pohon. Daun biasanya diseragamkan tanpa memperhatikan keakuratan atau realismenya, dan sering dipakai untuk 'membingkai' subjek lukisan…”.[4]

Di kiri bawah, terdapat air mancur kecil di antara dua pohon. Hitler konon mencuci kuasnya di air mancur tersebut.

Ia melukis bangunan rumah dengan warna abu-abu, biru, dan cokelat sehingga tercipta kesan dingin dan tenang. Sentuhan oranye dan merah yang ia seka pada jendela dan atap menunjukkan bahwa matahari hampir terbit atau terbenam di rumahnya yang baru. Ia bahkan melukis bayangan menara kecil yang menjorok ke halaman sebagai penentu letak matahari.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Price, Billy. Hitler: The Unknown Artist. Houston, Texas: Billy F. price Publishing Co., 1983.
  2. ^ Owens Zalamaps,Aldof Hitler, 28
  3. ^ Grosshans, Hitler and the Artists, 33.
  4. ^ Snyder, “The Real Deal- Adolf Hitler Original Artworks”.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Barron, Stephanie, Degenerate art: The Fate of the Avant-Garde in Nazi Germany (Los Angeles, Calif.: Los Angeles County Museum of Art, 1991).
  • Hitler, Adolf, and Ralph Manheim, Mein Kampf (Boston: Houghton Mifflin Company, 1943).
  • Price, Billy, Hitler: The Unknown Artist (Houston, Texas: Billy F. price Publishing Co., 1983).
  • Snyder, Charles, "The Real Deal - Adolf Hitler Original Artworks Diarsipkan 2019-02-18 di Wayback Machine.", retrieved 10 June 2014.
  • Zalampas, Sherree Owens, Adolf Hitler: A Psychological Interpretation of his Views on Architecture, Art, and Music (Bowling Green, Ohio: Bowling Green University Popular Press, 1990).