Hadron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hadron ([ˈhædrɒn] ( simak), dari bahasa Yunani: ἁδρός, hadrós, "kokoh, tebal") dalam ilmu fisika partikel, adalah sebuah partikel yang terbuat dari beberapa quark yang diikat bersama-sama oleh suatu gaya yang kuat (yang mirip dengan gaya elektromagnetik yang mengikat atom-atom dan molekul-molekul). Hadron dapat dikategorikan menjadi dua kelompok: baryon (yang terdiri dari tiga quark) dan meson (yang terdiri dari satu quark dan satu antiquark).

Hadron-hadron yang paling terkenal adalah proton dan neutron (keduanya termasuk baryon), yang dapat ditemukan dalam inti atom. Semua hadron kecuali proton bersifat tidak stabil dan mengalami peluruhan partikel - akan tetapi neutron bersifat stabil bila berada di dalam inti atom. Meson-meson yang paling terkenal adalah pion dan kaon, yang ditemukan selama berbagai eksperimen sinar kosmik pada akhir 1940-an dan awal 1950-an. Namun demikian, masih terdapat sejumlah besar hadron-hadron lainnya yang telah ditemukan sesudahnya dan terus ditemukan hingga hari ini (lihat daftar baryon dan daftar meson).

Terdapat kemungkinan adanya jenis-jenis lain dari Hadron, seperti misalnya tetraquark (atau lebih umum disebut meson eksotik) dan pentaquark (atau baryon eksotik), akan tetapi sampai dengan tahun 2010 belum ada bukti yang cukup meyakinkan terhadap keberadaan mereka.