Hürrem Sultan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hürrem Sultan
Hürrem Sultan (Roxelana)
Haseki Sultan
Berkuasa19 Maret 1534 – 15 April 1558
Informasi pribadi
Kelahiran1502–04
Polandia Rohatyn, Kerajaan Polandia (sekarang Ukraina Ukraina)
Kematian15 April 1558 (umur 53–56)
Istana Topkapi, Konstantinopel, Kesultanan Utsmaniyah
Pemakaman
AyahHavrylo Lisowski[3][4]
IbuLeksandra Lisowski
PasanganSuleiman I
AnakŞehzade Mehmed
Mihrimah Sultan
Şehzade Abdullah
Sultan Selim II
Şehzade Bayezid
Şehzade Cihangir
AgamaKristen Orthodox kemudian menjadi Islam

Haseki Hürrem Sultan (pelafalan Turki [haseˈci hyrˈrem sulˈtaːn]), (Turki Otoman: خرم سلطان, atau disebut "Khurramor" ( yang ceria ), terkadang juga disebut "Kharima" ( yang mulia ), lahir 1502; meninggal di Istana Topkapi, 15 April 1558) (disebut juga Roxelana yang merupakan julukannya dalam bahasa-bahasa Barat) adalah istri Sultan Suleiman I dari Kesultanan Utsmaniyah.[5]

Portrait of Roxelana (aka Hurrem Sultan) Hürrem Sultan sekitar abad 16. Lukisan Venesia.

Ia lahir di kota Rohatyn, yang saat itu dikuasai oleh Kerajaan Polandia. Pada tahun 1520-an, ia ditangkap oleh bangsa Tatar Krimea dan diperbudak ke Kaffa, lalu ke Konstantinopel. Kemudian, ia dipilih untuk masuk ke harem Suleiman. Segera Hurrem menarik perhatian Suleiman, dan membuat perempuan-perempuan harem lainnya cemburu. Suatu hari, selir favorit Suleiman, Mahidevran, bertengkar dengan Hurrem dan memukulinya. Suleiman membuang Mahidevran ke Manisa bersama dengan anaknya yang merupakan calon pewaris takhta, Sehzade Mustafa. Pembuangan ini secara resmi disebut "pelatihan putra mahkota." Beberapa tahun kemudian, karena takut akan memicu pemberontakan, Suleiman memerintahkan agar Mustafa dibunuh dengan dicekik.

Pengaruh Hurrem kepada sultan kemudian terus menguat. Ia melahirkan enam anak, yaitu Putri Mihrimah, Selim II, Sehzade Bayezid,Sehzade Cihangir,Sehzade Mehmed, dan Abdullah. Suleiman juga menikahi Hurrem, dan ini merupakan pelanggaran tradisi panjang Utsmaniyah. Akibatnya, posisi Hurrem menjadi semakin kuat, dan pada akhirnya Selim II -lah yang menjadi penerus.

Dalam kehidupan sehari-hari di istana, Hurrem menjadi penasihat, dan mempengaruhi jalannya urusan luar negeri. Dua suratnya ke raja Polandia Sigismund II Augustus adalah contohnya. Beberapa sejarawan juga meyakini bahwa Hurrem mempengaruhi suaminya agar mengontrol penjarahan bangsa Tatar Krimea di tanah kelahirannya.

Di Film[sunting | sunting sumber]

Aktris Turki-Jerman, Meryem Uzerli berperan sebagai Hürrem Sultan di series Abad Kejayaan. Season 1-3.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Encyclopædia Britannica, Vol.7, Edited by Hugh Chisholm, (1911), 3; Constantinople, the capital of the Turkish Empire...
  2. ^ Britannica, Istanbul Diarsipkan 2007-12-18 di Wayback Machine.:When the Republic of Turkey was founded in 1923, the capital was moved to Ankara, and Constantinople was officially renamed Istanbul in 1930.
  3. ^ Dr Galina I Yermolenko (2013). Roxolana in European Literature, History and Culturea. Ashgate Publishing, Ltd. hlm. 275. ISBN 978-1-409-47611-5. 
  4. ^ Ukrainian Orthodox priest, Havrylo Lisowsky, father of Roxelana
  5. ^ The Imperial House of Osman GENEALOGY

Pranala luar[sunting | sunting sumber]