Griya depan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ruang pengendali cahaya

Dalam seni pertunjukan, griya depan atau balai depan atau front of house (FOH) merupakan bagian dari tempat pertunjukan yang terbuka untuk umum. Di teater dan marga musik langsung, terdiri dari auditorium dan lobi, berlawanan dengan area panggung dan belakang panggung. Di teater, manajer bagian depan rumah bertanggung jawab untuk menyambut tamu, minuman, dan memastikan auditorium ditata dengan benar. Sebaliknya, griya belakang atau back of house (BOH) mengacu pada setiap operasi yang tidak terlihat oleh penonton, seperti pengelolaan alat peraga, desain kostum, penataan set panggung, kontrol pencahayaan, dan fungsi pendukung lainnya.

Kedua istilah tersebut juga digunakan di industri restoran, perhotelan, dan ritel. "Griya belakang" mengacu pada setiap operasi kerja yang tidak memiliki kontak langsung dengan pelanggan, audiens atau pengguna jasa. Contohnya termasuk memasak, mencuci piring, membersihkan, mengirim dan menerima, pemeliharaan dan perbaikan, akuntansi, dan tugas dukungan tidak langsung lainnya yang biasanya tidak terlihat oleh pelanggan.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What do the Terms "Back of House" and "Front of House" Mean?". Smart Capital Mind. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-07. Diakses tanggal 2022-01-02. 
  2. ^ "Back of House / BOH - What Does It Mean in Construction?". Builder-Questions.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 2022-01-02.