Greg Acciaioli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gregory Acciaioli
LahirGregory Lawrence Acciaioli
3 Juli 1953 (umur 70)
KebangsaanAmerika Serikat Amerika Serikat
PekerjaanPeneliti, Antropolog budaya
Tahun aktif1980-sekarang
Karya terkenalEnvironmentality Reconsidered: Indigenous to Lindu Conservation Strategies and the Reclaiming of the Commons in Central Sulawesi, Indonesia (2000)

Gregory "Greg" Lawrence Acciaioli (lahir, (1953-07-03)3 Juli 1953 di Oakland, California, Amerika Serikat), adalah seorang antropolog Amerika Serikat. Dia saat ini mengajar sebagai salah satu dosen di Universitas Australia Barat. Dia termasuk salah satu anggota dalam Asosiasi Studi Asia (AAS) dan Asosiasi Studi Indonesia. Dia sering kali menjadi pembicara kunci dalam konferensi di Indonesia dan Malaysia.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Dia juga mengajar di Vassar College, Universitas Columbia dan Universitas Arizona, dan juga sebagai dosen tidak tetap di Universitas Indonesia, Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Darul Iman Malaysia, dan Universitas Malaysia Kelantan. Setelah penelitian gelar doktoralnya pada tahun 1980-an tentang migrasi suku Bugis ke Sulawesi Tengah, dia telah melakukan penelitian lebih lanjut tentang dampak sosial dari intensifikasi beras, kebijakan nasional Indonesia terhadap kaum minoritas, gerakan suku pedalaman di Indonesia, kontestasi konservasi di dalam maupun di luar taman nasional, dan perlawanan terhadap penanaman minyak sawit.

Acciaioli pernah melakukan penelitian tentang komunitas Bugis di sekitar Danau Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Bidang fokus lain yang dia teliti termasuk hubungan dagang oleh pedagang bugis dengan nelayan suku Bajau di Sulawesi bagian timur pada zaman kolonial Hindia Belanda.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Acciaioli meraih gelar AB di bidang Antropologi dari Universitas Chicago pada tahun 1975. Pada tahun 1979, dia menyelesaikan pendidikan Magister Antropologi dari Universitas Stanford. Dia meraih gelar PhD dari Universitas Nasional Australia pada tahun 1990.[3]

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Greg Acciaioli - The Conversation". The Conversation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-08. Diakses tanggal 25 November 2016. 
  2. ^ "Gregory Acciaioli on VIAF". VIAF. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-09. Diakses tanggal 25 November 2016. 
  3. ^ "Election of Gregory Acciaioli on IUAES". IUAES. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-25. Diakses tanggal 25 November 2016.