Green Card (buku)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Green Card adalah novel yang dikarang oleh Dani Sirait yang diterbitkan tahun 2014 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menceritakan sebuah perjalanan panjang orang-orang Indonesia dari berbagai penjuru Nusantara, menuju Amerika Serikat, daratan yang diagungkan sebagai negeri impian, untuk penghidupan yang lebih baik, dengan berbagai kisah seru hingga mengharu biru, dalam upaya mendapatkan kartu tanda penduduk bernama Green Card.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Green Card mengisahkan seorang pemuda Indonesia bernama Rafli untuk tinggal di Amerika dan meraih "American Dream". Status sebagai ""illegal immigrant" yang disandangnya membuat ia nekad mencoba mendapatkan Green Card dengan cara lain. Rafli berpura-pura menikah dengan seorang yang telah lebih dulu memiliki Green Card. Namun cara tersebut, justru membuat Rafli mengeluarkan uang banyak. Bersama rekannya, ia lalu mencari jalan lain. Perjuangan meraih Green Card yang penuh tantangan justru membuat Raflie menemukan makna persahabatan dan arti cinta tanah air.[1]

Hari itu adalah awal petualangan terbesar Rafli sepanjang hidupnya. Kapal pesiar tempat ia bekerja sebentar lagi berlabuh di Port of Miami, Florida, Amerika Serikat. Ia telah membulatkan tekad untuk "mendarat" dan tak pernah kembali ke kapal mewah itu. Jump ship. Sekumpulan energi besar telah mengantarkan Rafli, anak kampung dari sebuah kecamatan kecil di Sumatera Utara, melenggang menyusuri lekuk-lekuk New York City (NYC), kota sejuta impian. Tanpa paspor, izin tinggal, apalagi Green Card.

Kartu sakti yang terakhir itulah alasan Rafli tetap bertahan di NYC. Bahkan demi Green Card, Rafli mencoba cara konvensional yang kemudian justru menjadi bumerang tajam baginya: melakukan pernikahan pura-pura dengan Erina, sesama orang Indonesia yang telah lebih dahulu memiliki Green Card. Hingga peristiwa 11 September 2001. Razia terhadap pendatang ilegal semakin gencar dilakukan di seluruh negara bagian. Hari-hari Rafli dan jutaan pendatang ilegal dari berbagai negara tidak lagi semarak seperti kerlap-kerlip lampu Times Square. Kecemasan dan kegelisahan bergantian menghampiri benaknya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pusporini, Evieta Fadjar (2014-05-26). "Green Card, Perjuangan Dapatkan Status di Amerika". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-15. 
  2. ^ Sirait, Dani (2014). Green Card. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978-602-03-0311-6.