Granny (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Granny
Ikon aplikasi dari rilis asli
Publikasi
  • Android
  • 24 November 2017
  • iOS
  • 12 Desember 2017
  • Windows
  • 20 November 2018
GenreSurvival horror
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformmacOS, Android, iOS dan Windows
MesinUnity
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputlayar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangDVloper
PenerbitDVloper
Informasi tambahan
Situs webgrannyhorror.com (Inggris)
MobyGamesgranny
Steam962400
IMDB: tt9006028
Bagian dari Slendrina
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Granny adalah sebuah permainan video bertahan hidup yang rilis pada tahun 2017 dan 2018 di Android, iOS dan Windows. Permainan ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Dennis Vukanovic, dengan nama samaran DVloper, sebagai spin-off dari seri Slendrina sebelumnya. Ini dirilis di Android pada 24 November 2017.[1] iOS pada 12 Desember 2017.[2] dan Windows pada 20 November 2018.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Plot dalam permainan ini tidak disebutkan dalam versi mobile. Dalam versi Steam (untuk Windows), permainan dimulai dengan adegan di mana pemain berjalan-jalan di hutan. Ia menemukan rumah nenek dan kemudian diserang oleh nenek, dan kehilangan kesadaran. Karakter utama bangun di tempat tidur, dan itulah awal permainan.[4] Menurut catatan di sepotong kayu yang ada di dalam dinding ruang bawah tanah, pemain bukan orang pertama yang ditangkap oleh nenek. Tidak jelas apakah korban sebelumnya berhasil melarikan diri dari rumah, tetapi catatan tersebut mengindikasikan bahwa ia mengalami luka yang cukup serius dan menyadari bahwa peluangnya untuk selamat sangat kecil.

This is my fifth day in this house. She chases me wherever I go. I'm quite injured and my body hurts. The only thing I remember before I woke up in this house is that I was driving when my car suddenly broke down. I went out to see what the problem was when someone suddenly hit me in the head. I have managed to open a pair of locks on the front door but that's all. Why does she do this? I hope no one will experience the same thing as I do. If I do not survive this and if someone find this message, I have noticed that she sometimes hides things inside fruits.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain berperan sebagai seorang laki-laki yang diculik oleh seorang wanita tua yang bernama "Granny". Pemain terjebak di rumah besar yang terletak di tengah hutan. Tujuan pemain adalah menyelesaikan teka-teki dan menemukan cara untuk keluar dari rumah tersebut dalam 5 hari.[5] Pemain dapat melarikan diri dengan membuka kunci di pintu depan, memperbaiki mobil di garasi,[6] atau dengan melepas kunci dari pintu lemari besi di terowongan saluran pembuangan. Ini semua memerlukan serangkaian item yang berbeda.

Granny berkeliaran di sekitar rumah untuk mencari pemain tersebut, dia menggunakan suara apa pun yang mereka buat untuk keuntungannya dan memasang jebakan beruang untuk menghalangi kemajuan pemain. Jika tertangkap, Granny akan membuat pemain pingsan, yang mengakhiri hari ini dan mengirim mereka kembali ke kamar tempat mereka memulai. Pemain juga dapat tersingkir oleh beberapa bahaya lingkungan lainnya seperti laba-laba peliharaan Granny, jatuh dari loteng, atau dimakan oleh anak Granny. Jika pemain tertangkap pada hari terakhir, cutscane "game over" diputar dan pemain diperlihatkan adegan Granny membunuh mereka dalam tampilan orang pertama dan dikirim kembali ke layar judul. Pemain dapat mempertahankan diri dari Granny dengan beberapa cara seperti membuatnya tidak sadarkan diri atau membutakannya sementara dengan menggunakan berbagai macam jebakan dan senjata yang dapat ditemukan di dalam rumah seperti Shotgun atau Pepper spray.

Pemain mempunyai opsi untuk memilih di antara lima tingkat kesulitan: Practice, di mana Granny tidak muncul, Easy, Normal, Hard, dan Extreme. Ada juga opsi lain yang dapat diaktifkan, yaitu Nightmare, yang mengubah grafik dan audio menjadi mencekam, dan ada karakter tambahan berupa tikus hantu yang dapat menggigit pemain. Extra Locks menambahkan 2 item tambahan pada pintu, yaitu Battery yang dapat dipasang pada pintu, dan Screwdriver yang digunakan untuk membuka kotak listrik yang terkunci dengan 4 paku. Sedangkan Darker, yang membatasi bidang penglihatan pemain. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, mulai dari Easy, semakin banyak kunci di pintu depan, semakin cepat Granny, dan semakin banyak lantai berderit. Extra Locks dan Darker diaktifkan dan tidak dapat dinonaktifkan di Extreme.

Di port Windows, lingkungan benar-benar gelap dan pemain harus menggunakan senter untuk dapat melihatnya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini menjadi viral di berbagai platform media sosial, menjadi gim video seluler kedua yang paling banyak dilihat pada Mei 2018.[7]

William Lewinsky dari Kritikus Game Indie memberi game ini 10 dari 10 bintang, memuji kontrolnya sebagai "diimplementasikan dengan sangat baik" dan efek suaranya "luar biasa", sekaligus menyatakan bahwa gim ini efektif dalam menakut-nakuti pemain. Neilie Johnson dari Common Sense Media memberikan ulasan negatif pada permainan tersebut, memberikannya 2 dari 5 bintang, menyatakan bahwa gim tersebut "terasa seperti prototipe untuk aplikasi yang lebih selesai", dan mengkritik grafiknya sebagai "hambar", namun tetap saja menemukan bahwa itu menakutkan.[8]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Granny Chapter Two[sunting | sunting sumber]

Sekuelnya, Granny Chapter Two, dirilis untuk Android pada 6 September 2019.[9] iOS pada 7 September 2019.[10] dan di Windows pada 30 Desember 2019.[11]

Mirip dengan seri pertama, pemain sekali lagi terjebak di dalam sebuah rumah. Permainan ini memperkenalkan antagonis lain, Grandpa, yang pendengarannya lebih sulit dan tidak akan diperingatkan oleh sebagian besar suara, dan tidak dapat memasang jebakan, tetapi dapat memasuki ruang keamanan untuk melihat kamera guna menemukan pemainnya. Pemain mempunyai pilihan untuk memilih antara Granny atau Grandpa pada tingkat kesulitan yang lebih rendah, dibandingkan dengan tingkat kesulitan yang lebih sulit seperti Hard dan Extreme, di mana keduanya secara otomatis dipaksa untuk diaktifkan. Permainan ini memperkenalkan item dan senjata baru, metode pelarian, dan bahaya lingkungan.

Granny 3[sunting | sunting sumber]

Permainan video ketiga, Granny 3, dirilis untuk Android pada 3 Juni 2021.[12] dan Windows pada 22 Agustus 2021.[13]

Karena kebijakan penerbitan Apple, Granny 3 tidak tersedia di iOS. DVloper menjelaskan bahwa Apple menganggap gim tersebut sebagai "spam" karena kemiripannya dengan game sebelumnya.[14]

Seperti seri sebelumnya, pemain terjebak di sebuah rumah bersama Granny dan Grandpa, yang bergabung dengan Slendrina, tokoh antagonis dari serial rumah. Edisi ini mencakup item baru dan metode melarikan diri, serta beberapa perubahan kecil pada perilaku musuh, seperti Grandpa yang memegang senapan yang berfungsi sebagai senjata jarak jauh.

The Twins[sunting | sunting sumber]

Permainan video keempat The Twins, dirilis untuk Android dan iOS pada 19 November 2020.[15][16]

Di seri ini, Granny dan Grandpa akan muncul jika tombol With Guest di aktifkan. Dua karakter utama dalam permainan ini adalah Bob dan Buck. Dalam permainan ini, pemain berperan menjadi seorang penculik. Di awal permainan, ada sebuah kertas yang menuliskan; bahwa dia memiliki dua pilihan antara mencuri tiga barang berharga di rumah si kembar atau tidak mencurinya tapi dia harus masuk penjara. Di antara kedua pilihan itu, saat pemain memilih No, maka scene penjara akan muncul dan mengeluarkan pemain dari permainannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Granny - Apps on Google Play". play.google.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-27. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  2. ^ "Granny". App Store (dalam bahasa Inggris). 2022-11-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-31. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  3. ^ "Granny on Steam". Steam (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-19. Diakses tanggal 2023-06-09. 
  4. ^ A Maria (19 Mei 2023). "Is Granny Based on a True Story? Ending Explained". fesherslive.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-04. Diakses tanggal 2023-10-31. 
  5. ^ Green, Jake (24 Juli 2018). "How to Beat Granny on iOS, Android Game, Get Out of the House, Find Master Key, Escape on Easy Mode". USGamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 20, 2021. Diakses tanggal October 29, 2020. 
  6. ^ Harbison, Cammy (23 Maret 2018). "How to Beat 'Granny' Horror Game: Tips, Steps & Strategy For Getting Out of the House Alive". Newsweek. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 14, 2020. Diakses tanggal October 13, 2020. 
  7. ^ Vesander, Heini (15 Juni 2018). "How the indie horror game "Granny" became the 2nd most viewed mobile game on YouTube". Matchmade. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-28. Diakses tanggal 2020-10-29. 
  8. ^ Lewinsky, William (19 Juli 2018). "Review of Granny by DVloper". Indie Game Critic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-27. Diakses tanggal 2020-10-13. 
  9. ^ "Granny: Chapter Two - Apps on Google Play". play.google.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-11. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  10. ^ "Granny: Chapter Two". App Store (dalam bahasa Inggris). 2021-01-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-06. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  11. ^ "Granny: Chapter Two on Steam". Steam (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-17. Diakses tanggal 2023-06-09. 
  12. ^ "Granny 3 - Apps on Google Play". play.google.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-29. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  13. ^ "Granny 3 on Steam". Steam (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-07. Diakses tanggal 2023-06-09. 
  14. ^ "Hi all. I am still having trouble with Apple. They think Granny 3 is spam and it's to similar to my other Granny games. That's why they can not approve the game. It does not look promising. But i am still trying". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-28. Diakses tanggal 2023-06-08. 
  15. ^ "The Twins - Apps on Google Play". play.google.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Desember 2023. Diakses tanggal 2023-11-04. 
  16. ^ "The Twins". App Store (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Desember 2023. Diakses tanggal 2023-11-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]