Giessen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Peta
Lambang Giessen Lokasi Giessen di Jerman
Data dasar
Negara bagian: Hessen
Distrik: Gießen
Wilayah: 72,562 km²
Penduduk: 73.358 (30 Juni 2005)
Kepadatan penduduk: 1.011 jiwa per km²
Ketinggian: 155-304 m DPL
Kode pos: 35331–35398 (lama: 6300)
Kode telepon: 0641
Pelat nomor kendaraan bermotor: GI (1977-79: L)
Pembagian administratif: 6 bagian kota
Alamat
balaikota:
Berliner Platz 1
35390 Gießen
Situs web resmi: www.giessen.de
Politik
Walikota (Oberbürgermeisterin): Dietlind Grabe-Bolz (SPD)

Giessen (atau Gießen dalam ejaan bahasa Jerman) merupakan kota berukuran menengah yang terletak di tengah-tengah negara bagian Hessen, Jerman, pusat administrasi distrik (Kreis), Giessen, dan juga Regierungsbezirk Mittelhessen ("Hessen Tengah"). Kota ini menyebut dirinya sebagai 'kota universitas' karena memiliki dua universitas negeri, Universitas Justus Liebig dan TH Mittelhessen, dan satu sekolah tinggi teologi yang menjadikannya sebagai kota dengan mahasiswa terpadat se-Jerman.

Giessen terletak di tepi sungai Lahn, pada cekungan yang diapit dua pegunungan di sisi barat (Westerwald) dan timurnya (Vogelsberg). Kota ini terletak sekitar 80km di utara Frankfurt am Main, pusat keuangan Eropa. Walaupun tidak banyak, terdapat sejumlah industri di sekitar kota ini.

Gereja St. Yohanes (Johanneskirche) di pusat kota.

Sebelum penyatuan Jerman, kota Giessen pernah menjadi bagian dari wilayah Landgrafschaft Hessen pada masa Kekaisaran Suci Romawi pertengahan, lalu Fürstentum (analog dengan "kadipaten" pada masa Mataram Islam) Hessen-Marburg, dan kemudian Fürstentum Hessen-Darmstadt pada masa Kekaisaran Jerman. Pada masa Perang Dunia Kedua, kota ini hancur lebur dibombardir oleh Sekutu sehingga hampir tidak memiliki bangunan-bangunan lama yang bersejarah lagi dan harus membangun dari awal. Setelah PD II, kota ini menjadi bagian dari negara bagian Hessen. Pada tahun 1977 kota ini disatukan bersama-sama dengan Wetzlar menjadi kota Lahn, namun hanya bertahan 31 bulan karena ditentang banyak warganya.

Tokoh dan peristiwa penting[sunting | sunting sumber]

Di Universitas Giessen Justus Liebig, penemu ekstrak kaldu daging dan soda api serta penganjur penggunaan pupuk kimia dalam pertanian, dan Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, pernah mengajar. Röntgen juga dimakamkan di Giessen. Di Giessen pula dilangsungkan proses cuci darah yang pertama kali di dunia oleh Georg Haas pada tahun 1924.

Grup musik Juli berasal dari kota ini. Aktor kenamaan Jerman, Til Schweiger, berasal dari Heuchelheim, kota yang bertetangga dengan Giessen.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]