Gideons International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gideons International
Gideons color circle logo.gif
Pendiri Mr. Samuel E. Hill
Mr. John H. Nicholson
Mr. William J. Knights
No. Pajak 36-2270051
Didirikan 01 Juli 1899 (1899-07-01)
Kantor pusat P.O. Box 140800, Nashville, TN 37214
Tokoh Mr. Craig Warner (Executive Director)
Pendapatan $131.319.000 (2010)
Anggota 287.000 anggota Gideons dan Auxiliary (para istri Gideons)
Situs web www.gideons.org
Seorang anggota yayasan Gideons meletakkan sebuah Alkitab dalam suatu kamar motel.
Bagian dalam kamar nomor 19, di Central House Hotel yang beralamat 1005 Wisconsin Avenue di kota Boscobel, Wisconsin, dipelihara dalam keadaan seperti pada bulan September 1898 ketika kedua pendiri yayasan Gideons bertemu di sini.

Gideons International adalah suatu organisasi Kristen Evangelikal yang didirikan pada tahun 1899 di Janesville, Wisconsin. Aktivitas utama yayasan Gideons adalah membagikan salinan Alkitab secara cuma-cuma. Pembagian Alkitab ini merupakan kegiatan global yang berlangsung di lebih dari 195 negara dan dalam sedikitnya 94 bahasa. Organisasi ini terutama dikenal dari salinan Alkitab gratis di kamar-kamar hotel maupun motel. Nama organisasi ini diambil dari tokoh Alkitab Gideon yang dicatat riwayatnya dalam Kitab Hakim-hakim pasal 6.

Yayasan Gideons mulai membagikan Alkitab secara cuma-cuma sejak tahun 1908, ketika cetakan Alkitab pertama kalinya diletakkan dalam kamar-kamar Superior Hotel di Superior, Montana. Lebih dari 84 juta "Gideon Scriptures" (Alkitab Gideon) telah disebarkan pada tahun 2012. Lebih dari 1,7 milyar telah dibagikan sejak tahun 1908. Rata-rata lebih dari 2 salinan Alkitab dibagikan setiap detik melalui yayasan Gideons International.[1]

Kantor pusat yayasan Gideons International bertempat di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini didirikan pada tahun 1899 di YMCA yang terletak di kota Janesville, Wisconsin oleh dua orang pengusaha yang sedang bepergian dan secara kebetulan berbagi kamar di Central House Hotel di kota Boscobel, Wisconsin. Mereka mengeluhkan karena tidak sempat membawa Alkitab dan tidak berhasil mendapatkan salinan Alkitab di hotel tersebut. Kedua orang itu menyempurnakan ide mereka untuk menyediakan Alkitab secara cuma-cuma di kota Beaver Dam, Wisconsin.[2] Pelaksanaan ide itu dimulai pada tahun 1908 dengan penempatan sejumlah salinan di kamar-kamar Superior Hotel di Superior, Montana.[3]

Organisasi itu menuliskan kaitan namanya dengan riwayat Gideon sebagai berikut:

Gideon adalah seorang yang bersedia melakukan tepat apa yang diperintahkan Allah kepadanya, tanpa peduli pemikirannya sendiri bagaimana hasil rencana itu. Kerendahan hati, iman dan kepatuhan adalah elemen-elemen besar dari karakternya. Inilah standar yang hendak dicapai oleh "The Gideons International" dalam diri anggota-anggotanya, setiap orang siap melakukan kehendak Allah kapan saja, di mana saja dan dengan cara apa saja yang dituntun oleh Roh Kudus.

Sejalan dengan simbolisme ini, lambang yayasan Gideons adalah sebuah periuk berpegangan dua dan sebuah obor, mengingatkan pada kemenangan Gideon atas tentara Midian sebagaimana dicatat dalam Kitab Hakim-hakim pasal 7.

Selain dari Alkitab di kamar-kamar hotel yang sudah banyak dikenal, yayasan Gideons juga membagikan Alkitab kepada anggota-anggota tentara militer di berbagai negara, ke rumah-rumah sakit, rumah perawatan, rumah jompo, penjara, wakil-wakil rakyat dan murid-murid.

Isi[sunting | sunting sumber]

Umumnya Alkitab Gideon, baik yang lengkap maupun hanya Perjanjian Baru, berisi:

  • pendahuluan singkat;
  • ringkasan ayat-ayat Alkitab yang dapat membantu dalam berbagai jenis kesusahan;
  • terjemahan dari Yohanes 3:16 dalam berbagai bahasa maupun aksara dunia;
  • naskah Alkitab itu sendiri, tanpa catatan, referensi maupun rujukan apapun selain dari nomor pasal dan ayat — dapat berupa seluruh Alkitab (yang biasanya ditemukan di kamar-kamar hotel), maupun hanya bagian Perjanjian Baru, ditambah Kitab Mazmur, dan Kitab Amsal (yang biasanya untuk pembagian langsung kepada orang-orang);
  • ulasan pendek mengenai makna "keselamatan", dengan rujukan ayat Alkitab, dan tempat untuk pembaca menandatangani serta menuliskan tanggal pengakuan mereka saat menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.gideons.org/AboutUs/WorldwideImpact.aspx
  2. ^ "Our History". Gideons International. Diakses December 2, 2010. 
  3. ^ "Christianity in the News". Workersforjesus.com. Diakses November 10, 2011. 

"Profile of Gideons International". MinistryWatch.com. 2012. Diakses August 7, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]