Gia Long

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gia Long
Kaisar Vietnam
Kaisar Gia Long
Kaisar Gia Long
Kaisar Dinasti Nguyen
Memerintah 1802–1820
Pendahulu Dinasti Tây Sơn
Pengganti Minh Mạng
Pasangan Tống Thị Lan
Trần Thị Đang
Lê Thị Ngọc Bình
Nama lengkap
Nguyễn Phúc Chủng
Nguyễn Phúc Noãn
Nguyễn Phúc Ánh
Nama dan tanggal  era/rezim
Gia Long: 1801–1820
Nama anumerta
Thế Tổ Cao Hoàng đế
Nama kuil
Thế Tổ
Wangsa Dinasti Nguyen
Lagu Đăng đàn cung
Ayah Nguyễn Phúc Luân
Ibu Nguyễn Thị Hoàn
Lahir 8 Februari 1762
Meninggal 3 Februari 1820 (umur 57)
Dikubur Thien Tho Tomb

Kaisar Gia Long (8 Februari 1762 – 3 Februari 1820), lahir dengan nama Nguyễn Phúc Ánh, seringkali dijuluki Nguyễn Ánh), adalah kaisar pertama Dinasti Nguyen di Vietnam. Ia menyatukan Vietnam pada tahun 1802 dan mendirikan Dinasti Nguyen, yang merupakan dinasti Vietnam terakhir.

Keponakan Penguasa Nguyen terakhir yang menguasai Vietnam selatan, Nguyen Anh, terpaksa bersembunyi pada tahun 1777 ketika keluarganya dibantai selama pemberontakan Tay Son. Setelah beberapa hari, ia berkenalan dengan pastor Katolik Perancis Pigneau de Behaine. Pigneau menganjurkannya ke pemerintah Perancis dan berhasil merekrut sukarelawan untuk membantu Nguyen Anh menguasai takhta. Dari tahun 1789, Nguyen Anh bergerak ke utara untuk mengalahkan Tay Son, dan pada tahun 1802 berhasil mencapai perbatasan Cina, yang sebelumnya dikuasai Penguasa Trinh. Saat hal ini terjadi, ia telah menyatukan Vietnam, sehingga mengakhiri perang feudal yang telah berkecamuk selama berabad-abad.

Ia dikenal akan kesalehannya terhadap Konfusianisme, yang membuatnya membatalkan reformasi Tay Son dan menegakkan kembali pendidikan Konfusius klasik dan sistem pegawai negeri. Ia memindahkan ibukota dari Hanoi ke Huế, dan membangun benteng dan istana di ibukota barunya. Dengan memanfaatkan Perancis, ia memodernisasi kemampuan pertahanan Vietnam. Sebagai balasan untuk teman Perancisnya, ia menoleransi aktivitas Katolik Roma, yang kemudian akan dibatasi oleh penerusnya. Pada masa kekuasaannya, dominasi militer Vietnam di Indochina menguat, dan tentara Siam berhasil diusir dari Kamboja yang kemudian menjadi negara vassal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gia Long
Wafat: 1820
Didahului oleh:
Nguyen Phuc Thuan
Nguyen Phuc Duong
Nguyen vuong
1780–1802
Gelar baru
Pendirian Dinasti Nguyen
Didahului oleh:
Quang Toan dari Dinasti Tây Sơn
Kaisar Vietnam
1802–1822
Diteruskan oleh:
Kaisar Minh Mạng