Gereja Santo Rupertus di Biara Santo Emmeram, Regensburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Santo Rupertus
Gereja Biara Paroki Santo Rupertus di Biara Santo Emmeram
Jerman: Kirche St. Rupert
Gereja Santo Rupertus
LokasiBiara Santo Emmeram, Regensburg
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja paroki, gereja biara
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Regensburg

Gereja Santo Rupertus di Biara Santo Emmeram (Jerman: Kirche St. Rupert) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di kompleks Biara Santo Emmeram, Regensburg, Jerman. Gereja ini menjadi bagian dari Biara Santo Emmeram dan didedikasikan kepada Santo Rupertus dari Salzburg.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Santo Rupertus dulunya merupakan gereja paroki biara. Gereja, dengan dua lorong, dibangun pada paruh kedua abad ke-11, tetapi sering kali diadaptasi dan diperbesar. Bagian tengahnya berasal dari abad ke-14, paduan suara dari tahun 1405, altar tinggi dengan empat pilar dan gambar pembaptisan Adipati Theodo dari Bavaria oleh Santo Rupertus dari tahun 1690, serta dekorasi dan perlengkapannya dari tanggal 17 dan 18 abad. Tabernakel di sisi utara paduan suara memiliki figur Saint Rupert dan orang suci lainnya. Altar Santo Mikael bertanggal 1713. Bagian tengahnya dihiasi dengan gambar mukjizat Saint Rupert.

Dekorasi[sunting | sunting sumber]

Rumah sakramen di sisi utara paduan suara memperlihatkan sosok Santo Rupertus dari Salzburg dan para santo lainnya. Altar Mikael dengan altar Malaikat Mikael berasal dari tahun 1713. Di dinding bagian tengah terdapat gambar tentang karya St. Rupert dari Salzburg.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]