Gereja Anugerah Bethesda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika pada Tahun 1992 Pdt. Benny Tatimu Diarsipkan 2023-08-01 di Wayback Machine. oleh Dokter di Mount Elizabeth Hospital Singapore dinyatakan mengalami kanker paru-paru dan diperkirakan dokter bahwa Pdt. Benny Tatimu tidak akan lama bertahan hidup.Tapi oleh belas kasihan dan Anugerah Tuhan masih memberi kesempatan bagi Pdt. Benny Tatimu dengan mengalami Mujizat Kesembuhan yang luar biasa, melalui doa-doa dan pergumulan akhirnya kanker paru-paru yang dialami Pdt. Benny Tatimu sembuh secara ajaib melalui mujizat terjadi.

Lewat pengalaman mengalami pertolongan Tuhan yang tidak pernah berhenti maka Pdt. Benny Tatimu menyerahkan seluruh kehidupanya untuk melayani Tuhan, membawa kabar baik bagi orang-orang yang mengalami penderitaan. Ia mulai membuka persekutuan doa dirumah, menyaksikan kepada orang banyak bahwa Mujizat Tuhan tidak pernah berubah lewat ibadah KKR diberbagai daerah, dan semakin hari pelayanan semakin berkembang sehinga perlu ada wadah yang menaungi.

Terbentuklah suatu wadah pelayanan yang dinamakan Yayasan Bethesda Ministries yang didirikan oleh Pdt. Benny Tatimu dan rekan-rekannya pada Tahun 1995. Kata “Bethesda” sendiri diambil dari kata dalam Alkitab (Yohanes 5:2) yang maknanya adalah sebuah tempat permandian di Yerusalem, mempunyai 5 serambi. Nama ini adalah bentuk Yunani dari kata Aram dan berasal dari kata Bethesda yang artinya 'rumah belas kasihan'. Bertolak dari pengertian tersebut, maka Bethesda Ministries menjadikan “belas kasihan Kristus” sebagai dasar dari pelayanan-pelayanannya. Pelayanan kami meliputi dari penginjilan, pemuridan, Sekolah Alkitab, Konseling, Seminar, KKR, penyiaran, penerbitan majalah dan lain sebagainya.

Kami menyadari bahwa Bethesda Ministries harus melaksanakan Amanat Agung tersebut dan Hati Allah sungguh ditaruh didalam kami. Pelayanaan Bethesda Ministries semakin hari semakin berkembang,banyak cabang-cabang pelayanan yang dibuka,banyak orang yang menerima Yesus dan bertobat,mereka mengambil keputusan untuk berjemaat di Bethesda Ministries.

Sehingga ada kerinduan bahwa Pelayanan Bethesda ministries ini bisa berbentuk organisasi Gereja. Maka lewat Perenungan yang panjang, serta hati yang tulus melayani Tuhan Pdt. Benny Tatimu dengan rekan-rekan mengambil keputusaan untuk mendirikan Sinode Gereja Anugerah Bethesda pada 01 Juni 1997, didaftarkan kepada pada Kementerian Agama RI dengan melengkapi syarat–syarat dimana Gereja Anugerah Bethesda juga mendapat dukungan dari sinode GPdI, GKSI dan GPN.

Pada 22 Maret 2001 Direktur Bimbingan Masyarakat Kristen Diarsipkan 2023-08-01 di Wayback Machine. Protestan Kementerian Agama RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor : F/Kep/HK.005/62/952/2001 Menetapkan sebagai Lembaga Keagamaan Kristen Protestan yang bersifat Gereja kepada Gereja Anugerah Bethesda.

Betapa Hebat Kasih,Kuasa Dan Mujizat Tuhan Yesus yang dialami oleh Gereja Anugerah Bethesda, dimana Gereja Anugerah Bethesda masih sangat muda, Perjalanan yang harus kami tempuh masih panjang, Sejauh mata memandang melihat bahwa ladang sudah menguning siap untuk dituai, Gereja Anugerah Bethesda siap sedia menggenapi Amanat Agung menuai Jiwa-Jiwa Bagi Kerajaan Allah sehingga Tuhan Yesus Kristus saja yang dipermuliakan.

Segala kemuliaan hanya bagi nama Tuhan Yesus Kristus yang adalah kepala Gereja sehingga oleh karena kemuarahanNya sehingga Gereja Anugerah Bethesda trus berkembang di Indonesia, sampai saat ini GAB sudah ada di Sumatera Utara, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah (Malang), Kalimantan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua.