Gerbrand Adriaenszoon Bredero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gerbrand Adriaenszoon Bredero

Gerbrand Adriaenszoon Bredero (lahir di Amsterdam, 16 Maret 1585 – meninggal di Amsterdam, 23 Agustus 1618 pada umur 33 tahun) adalah penyair dan dramawan Belanda yang menulis lagu rakyat dan komedi yang menggambarkan kehidupan kosmopolitan Belanda.[1] Ia merupakan sastrawan yang hidup pada periode yang dikenal sebagai zaman keemasan Belanda.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Bredero lahir di Amsterdam pada tahun 1585[2], dan kota tersebut merupakan tempat tinggalnya hingga akhir hayatnya. Dia sering memanggil dirinya sendiri dengan sebutan "G.A. Bredero, Amstelredammer", dan kadang-kadang dengan sebutan Breero atau Brederode. Bredero merupakan anak ketiga dari pasangan Marry Gerbrants dan Adriaen Corneliszoon Bredero, seorang pembuat sepatu dan agen real estate yang sukses. Ia lahir di wilayah Nes dan pada tahun 1602 ia dan keluarganya pindah ke rumah baru di daerah Oudezijds Voorburgwal. Bredero tinggal di rumah itu hingga akhir hayatnya. Saat ini kedua rumahnya (di Nes dan Oudezijds Voorburgwal) sudah menjadi restoran.

Pada masa pendidikannya Bredero belajar bahasa Prancis dan kemungkinan juga Bahasa Inggris dan Latin. Kemudian ia dididik menjadi seorang seniman lukis oleh pelukis dari Antwerp, Francesco Badens[2], namun tidak ada satupun lukisannya yang sukses. Pada tahun 1611 dia menjadi anggota rederijkerskamer d'Eglantier, dan di organisasi itu dia adalah anggota aktif. Dia pun mulai berteman dengan Roemer Visscher dan P.C.Hooft. Lalu bersama Hooft, dia bergabung di Nederduytsche Academie yang dijalankan oleh Samuel Coster. Pada masa ini Bredero melewatkan waktunya menulis naskah drama berjudul "De Spaanschen Brabander Ierolimo".

Satu-satunya jabatan publik yang pernah dipegang Bredero adalah sebagai pemangku pertahanan sipil. Pada tahun 1618, di usia yang ke-33, Bredero tiba-tiba meninggal dunia setelah beberapa hari sembuh dari pneumonia yang dideritanya setelah jatuh ke es. Bredero tidak pernah menikah.

Karya[sunting | sunting sumber]

Drama[sunting | sunting sumber]

  • Rodd'rick ende Alphonsus (ditampilkan pertama kali pada tahun 1611)
  • Griane (ditampilkan pertama kali pada tahun)
  • Klucht van de Koe
  • Klucht van de Molenaer
  • Moortje (ditampilkan pertama kali pada tahun 1615)
  • Lucelle (ditampilkan pertama kali kira-kira pada tahun 1616)
  • Spaansen Brabander (Spanish Brabanter; ditampilkan pertama kali pada tahun 1617)[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ gerbrand adriaenszoon bredero. Dictionary.com. Encyclopedia Britannica, Inc. (diakses 11 Juni 2013).
  2. ^ a b c Schenkeveld van der Dussen, Maria, ed. (1985), Bredero, Groningen: Wolters-Noordhoff, pp. 7, 8, 30, ISBN 978-90-01-77990-0