George Shaw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Shaw

George Shaw adalah seorang ahli biologi dan ahli botani berkebangsaan Inggris yang dilahirkan pada tanggal 10 Desember 1751 di kota Bierton, Buckinghamshire.

Shaw dididik di Magdalen Hall, kota Oxford dan mendapatkan gelar M.A. pada tahun 1772. Dia mempelajari praktik kedokteran. Pada tahun 1786 dia menjadi asisten dosen dalam bidang botani di Universitas Oxford. Shaw adalah seorang anggota pendiri Linnean Society pada tahun 1788, dan anggota Royal Society pada tahun 1789.

Pada tahun 1791, Shaw menjadi asisten pengawas bagian ilmu pengetahuan alam di British Museum. Dia menggantikan Edward Whitaker Gray sebagai pengawas pada tahun 1806. Shaw melihat kebanyakan dari barang-barang yang didonasikan ke musium oleh Hans Sloane dalam keadaan yang buruk. Bahan kedokteran dan anatomi dikirim Shaw ke musium di Royal College of Surgeons of England, namun kebanyakan spesimen hewan-hewan dan burung sudah terlalu buruk kondisinya dan harus dibakar. Bayaran yang diberikan oleh musium terlalu kecil, sehingga Shaw menghabiskan waktunya menulis buku dan mengabaikan pekerjaannya memelihara koleksi musium. Setelah Shaw meninggal, dia digantikan oleh asistennya yang bernama Charles Konig.

Shaw menerbitkan salah satu buku pertama yang mendeskripsikan beberapa hewan Australia dalam bahasa Inggris beserta nama ilmiahnya. Buku ini berjudul Zoology of New Holland dan diterbitkan pada tahun 1794. Dia juga salah satu ilmuwan pertama yang meneliti hewan Platipus dan menerbitkan deskripsi ilmiah hewan ini di dalam The Naturalist's Miscellany pada tahun 1799.

Hasil karyanya yang lain termasuk:

  • Museum Leverianum, pada tahun 1792-1796
  • General Zoology, or Systematic Natural History, yang terdiri dari 16 jilid pada tahun 1809-1826
  • The Naturalist's Miscellany: Or, Coloured Figures Of Natural Objects; Drawn and Described Immediately From Nature, pada tahun 1789-1813 bersama dengan ilustrator Frederick Polydore Nodder.

George Shaw meninggal dunia pada tanggal 22 Juli 1813 di kota London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Mullens and Swann - A Bibliography of British Ornithology (1917)
  • William T. Stearn - The Natural History Museum at South Kensington ISBN 0-434-73600-7