Geografi Korea Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 40°00′LU 127°00′BT / 40°LU 127°BT / 40.000; 127.000

Korea Utara terletak di Asia Timur di wilayah utara Semenanjung Korea. Korea Utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok yang dipisahkan oleh Sungai Amnok, dengan Rusia oleh Sungai Duman serta Korea selatan oleh Zona Demiliterisasi Korea (DMZ). Laut Kuning berada di sebelah barat dan Laut Jepang di sebelah timur.

Luas wilayahnya adalah 120,540 km² yang terdiri dari 120,410 km² wilayah daratan dan 130 km² wilayah perairan. Panjang perbatasan keseluruhan adalah 1673 km, dengan panjang 1416 km berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, 238 km dengan Korea Selatan dan 19 km dengan Rusia.

Korea Utara mempunyai garis pantai yang tidak rata (berteluk-teluk) sepanjang 2495 km.

Titik elevasi ekstrem Korea Utara adalah sebagai berikut:

Sekitar 80 persen daratan Korea Utara adalah dataran tinggi dan pegunungan dan seluruh titik di atas 2000 meter di semenanjung berada di wilayahnya. Konsentrasi penduduk berada di daerah dataran rendah.

Gunung Baekdu yang merupakan titik tertinggi, adalah sebuah gunung berapi dengan kawah lebar yang berbatasan dengan RRT. Rangkaian Hamgyong tersusun sampai ke bagian timur semenanjung dan mempunyai puncak-puncak tinggi seperti Gunung Gwanmo (1756 m). Rangkaian lain yang membentuk daratan Korea Utara adalah Pegunungan Rangrim yang memisahkan dataran rendah di sebelah barat dan timur, Rangkaian Kangnam di perbatasan dengan RRT, serta Rangkaian Taebaek yang membentang sampai Korea Selatan. Puncak tertinggi Rangkaian Taebaek adalah Gunung Kumgang (1638 m).

Dataran rendah persentasenya sangat kecil. Dataran rendah Pyongyang dan Chaeryong di sebelah barat memiliki luas 500 km persegi, sementara di sebelah timur semenanjung lebih sempit.

Pegunungan di bagian utara dan barat wilayah Korea Utara merupakan mata air bagi sungai-sungai penting, yang mengalir ke wilayah barat dan timur. Di sebelah barat, sungai-sungai utama bermuara ke Teluk Korea dan Laut Kuning. Sungai terpanjang adalah Sungai Amnok, membatasi wilayah RRT dan bisa dilayari sepanjang 678 dari 790 km panjangnya. Sungai Duman adalah sungai terpanjang ke-2 dengan aliran 521 km ke Laut Jepang. Sungai Duman hanya bisa dilayari sepanjang 85 km karena topografi yang bergunung-gunung. Sungai Taedong yang mengalir melewati kota Pyongyang panjangnya adalah 394 km adalah sungai terpanjang ke-3, mengalir ke Laut Kuning.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]