Geoffroy I dari Anjou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Geoffroi I dari Anjou (meninggal 21 Juli 987), dikenal sebagai Grisegonelle ("Jubah Kelabu"), merupakan seorang Pangeran Anjou dari tahun 960 sampai 987.[1] Ia menjadi pewaris ayahandanya Foulques II. Ia meningkatkan dukungan kelompok tokoh-tokoh penting, di mana beberapanya ia dapatkan dari warisan ayahandanya,[2] yang lainnya yang ia pekerjakan antara lain : beberapa orang seperti Alberic dari Vihiers, Cadilo dari Blaison, Roger I (le "vieux") dari Loudon, Joscelin dari Rennes, Castellan dari Baugé, Suhard I dari Craon, Tobert dari Buzençais dan anggota dari klan Bouchard, dan mendukung mereka untuk memperhatikan kepentingan Dinasti mereka sebagai tali sukses kepangeranan Angevin.[3] Ia mencapai sukses di dalam membangun kelompok fideles yang mana putranya, Foulques menyebutnya "Nerra", yang dapat diandalkan di dalam membangun Anjou sebagai kekuatan regional yang kohesif di dalam zaman disintegrasi daerah.[4] Di dalam persiapannya untuk membuka jalan itu, Geoffroi merupakan seorang pangeran di Perancis Barat yang menghubungkan putranya di dalam gelar kepangeranan.[5]

Geoffroi bersekutu dengan Pangeran Nantes melawan Pangeran Rennes, dan bersekutu dengan Hugues Capet yang khawatir akan serangan dari Pangeran Blois. Ia merupakan salah satu tokoh yang bertanggung jawab di dalam mengantar Hugues ke atas tahta Perancis.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Adèle dari Meaux (934–982), putri Robert dari Vermandois dan Adélaïde de Vergy. Anak-anak mereka adalah:

  1. Foulques III, Pangeran Anjou.
  2. Ermengarde dari Anjou, menikah dengan Conan I dari Rennes.
  3. Gerberge (Lahir 973), menikahi Guillaume III, Pangeran Angoulême.

Ia menikah kedua kalinya dengan Adélaïde de Chalon pada bulan Maret 979 dan memiliki seorang putra:

  1. Maurice dari Anjou (980 - 1012), menikah dengan putri Aymeri, Pangeran Saintes dan memiliki seorang putra.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rujukan ke Bernard S. Bachrach, "Fulk Nerra: Neo-Roman Consul, 987-1040" (California, 1993).
  2. ^ "Meskipun dokumen tentang Anjou pada akhir abad ke-9 dan awal abad ke-10 tidak bagus, bahan-bahan yang tersisa cukup mengesankan kelanjutan penting dalam kelompok Graf Angevin", Bernard Bachrach menyumpulkan, "Enforcement of the Forma Fidelitatis: The Techniques Used by Fulk Nerra, Count of the Angevins (987-1040)" Speculum 59. 4 (Oktober 1984: 796-819) hal. 801, catatan 26.
  3. ^ Bachrach 1984:799f.
  4. ^ Pengecualian lain atas disintegrasi pagus, di samping contoh Anjou, adalah Normandia dan Flandria. (François Marignier, "Political and monastic structures in France at the end of the tenth and the beginning of the eleventh centuries", dalam Frederic L. Cheyette, ed. and tr., Lordship and Community in Medieval Europe (New York) 1967: 106, 125.
  5. ^ Bachrach 1984:802.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Mabille, Emile. Introduction aux chroniques des comtes d'Anjou (Paris) 1871.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Foulques II
Pangeran Anjou
960–987
Diteruskan oleh:
Foulques III