Foulques III, Comte Anjou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Foulques III (972 – 21 Juni 1040), dipanggil Nerra (yang berarti, le Noir, "yang Hitam") setelah kematiannya, merupakan Pangeran Anjou dari tanggal 21 Juli 987 sampai kematiannya. Ia merupakan putra Geoffroi Greymantle dan Adelaide dari Vermandois.

Kastil Foulques Nerra yang berlokasi di Loches

Foulques III adalah pendiri kekuasaan Angevin. Ia hanya berusia 15 tahun ketika ia menjadi pewaris ayahnya, memiliki temperamen yang kejam namun takwa, adalah bagian dari tindakan kekejaman dan juga penyesalan. Dalam tindakannya yang paling terkenal, ia membuat istri pertamanya (dan sepupu) Elisabeth dari Vendôme dibakar di atas tiang dengan busana pengantinnya, setelah ia memergokinya berselingkuh dengan seorang pengembala kambing pada bulan Desember 999. Di sisi yang lain, ia pergi berziarah sebanyak 4 kali ke Tanah Suci pada tahun 1002, 1008, dan 1038 dan pada tahun 1007, membangun sebuah biara yang besar di Beaulieu-lès-Loches. Sebagai akibatnya, sejarah menyimpulkan ini tentangnya :

Foulques dari Anjou, penjarah, pembunuh, perampok, dan pembuat sumpah palsu, suatu karakter yang benar-benar kejam jahat dan menakutkan, mendirikan bukan satu melainkan dua biara besar. Foulques ini dipenuhi dengan gairah yang tak terkendalikan, sebuah sifat yang mengarah ke ekstrem. Setiap kali ia berbeda sedikit dengan tetangganya ia akan bergegas di atas wilayahnya, menjarah, merampok, memperkosa dan membunuh; tidak ada yang dapat menghentikannya, setidaknya dari semua perintah Tuhan.[1]

…satu dari pejuang yang paling dahsyat pada masa abad pertengahan.[2]

Foulques menentang melawan tuntutan kebangsawanan Rennes, mengalahkan dan membunuh Conan I dari Rennes di dalam Perang Conquereuil pada tanggal 27 Juni 992. Ia kemudian mengembangkan kekuasaannya atas Provinsi Maine dan Touraine.

Kekuasaan Foulques telah menghadapi ambisi kekejaman Odo II, Pangeran Blois, terhadap siapa ia bersekutu dengan Kapetia. Pada tanggal 6 Juli 1016, ia mengalahkan Odo di Perang Pontlevoy. Pada tahun 1025, setelah menangkap dan membakar kota Saumur, Fulk dilaporkan menangis, "Santo Florentius, biarkan dirimu terbakar. Aku akan membangun untukmu sebuah rumah yang lebih baik di Angers." Akan tetapi, ketika transportasi pusaka santo ke Angers terbukti sulit, Foulques mengumumkan bahwa Florentius tidak layak untuk kota udik pedesaan dan mengirimkan pusaka itu kembali ke Saumur.

Foulques juga menugaskan banyak bangunan, terutama untuk tujuan defensif. Ketika berkelahi melawan Breton dan Blesevin, melindungi wilayahnya dari Vendôme ke Angers dan dari sana ke Montrichard, ia mendirikan lebih dari 100 kastil, sel di bawah tanah, dan biara, termasuk yang berada di Château-Gontier, Loches (dinding batu), dan Montbazon. Ia membangun sel di bawah tanah di Langeais (990), satu dari kastil batu pertama. Berbagai bangunan saleh tersebut, akan tetapi, diikuti oleh tindakan-tindakan kekejaman melawan gereja.

Foulques wafat di Metz ketika kembali dari ziarah terakhirnya. Ia dimakamkan di dalam kapel biaranya di Beaulieu. Dari istri pertamanya, Elisabeth, ia meninggalkan seorang putri, Adela. Dari istri keduanya (1001), Hildegard dari Sundgau, ia memiliki 2 orang anak, Geoffrey Martel, pewarisnya, dan Ermengarde, lewat siapa ia merupakan leluhur Geoffrey Plantagenet dan Plantagenet raja-raja Inggris.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Erdoes.
  2. ^ Achille Luchaire.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Bachrach, Bernard S. Fulk Nerra, the Neo-Roman Consul, 987-1040: a Political Biography of the Angevin Count. University of California Press, 1993.
  • Erdoes, Richard. AD 1000: Living on the Brink of Apocalypse, 1988
  • Fichtenau, Henry. Living in the Tenth Century, 1991.
Didahului oleh:
Geoffroy I
Pangeran Anjou
987–1040
Diteruskan oleh:
Geoffroy II