Generasi 3 (NASCAR)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mobil Ford Thunderbird Bill Elliott yang dipakai di musim 1987.

Era Mobil Generasi 3 atau Gen-3 di NASCAR Seri Piala dimulai pada tahun 1981. Karena krisis energi, pabrikan menurunkan ukuran mobil mereka agar lebih hemat bahan bakar, yang dicerminkan NASCAR dengan mewajibkan wheelbase berukuran 110 inci yang masih ada hingga saat ini. Generasi 3 menampilkan perang aero kedua, ketika Ford memperkenalkan hidung baru untuk Ford Thunderbird pada tahun 1986 yang tidak sama dengan mobil yang dijual di dealer sekaligus menandai awal dari berakhirnya gagasan mobil stok;[1][2] GM menanggapi dengan memasang jendela belakang berbentuk gelembung pada Chevrolet Monte Carlo dan Pontiac Grand Prix dan menciptakan model yang dijalankan terbatas untuk memenuhi aturan homologasi NASCAR. Generasi ini juga melihat Chrysler keluar dari NASCAR karena serangkaian keputusan yang mengerikan, dengan Dodge Mirada dan Chrysler Imperial yang menghilang setelah 1985.[3][4] Chrysler berusaha untuk kembali pada akhir 80-an dengan Chrysler LeBaron yang baru, tetapi GM dan Ford, pada titik ini, telah membangun basis pendukung yang tidak akan goyah; meskipun demikian, LeBaron kemudian diturunkan di Seri ARCA hingga tahun 1998 dan menemukan kesuksesan besar. Akhirnya generasi ini berakhir pada tahun 1991.

Yang paling menonjol dari semuanya, generasi ini melihat peningkatan besar dalam kecepatan, dengan puncaknya yaitu Bill Elliott yang meraih rekor kecepatan tertinggi dalam mobil balap stok di Talladega pada tahun 1987 dengan kecepatan 212 mil/jam. Namun, pada hari balapan, Bobby Allison memgalami kegagalan ban pada kecepatan lebih dari 200 mil/jam dan mobilnya terbang menabrak masuk kedalam pagar, merobek bagian 100 kaki dan mengirimkan puing-puing terbang ke tribun.[5] Hebatnya, mobil tidak masuk ke tribun karena dibelokkan kembali ke lintasan oleh kabel pembatas dan Allison tidak terluka namun cedera terparah harus dialami seorang penonton wanita yang kehilangan matanya akibat debris.[6] Setelah ini, perusahaan asuransi yang mendukung NASCAR memberikan saran untuk mengendalikan "rudal terbang" tersebut atau seluruh polis asuransi di NASCAR tidak akan ditanggung saat klaim yang kemudian ditanggapi NASCAR dengan mewajibkan plat pembatas di Daytona dan Talladega.

Model mobil[sunting | sunting sumber]

General Motors[sunting | sunting sumber]

Bill Elliott vs. Kyle Petty di Martinsville 1985.

Ford[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buick Regal, NASCAR Champion. Diakses 10 Mei 2018.
  2. ^ The Cars That Ruined Nascar, And How There's Hope For The Future, Car Throttle. Diakses 1 Mei 2018.
  3. ^ NASCAR Wars - Part I, All Par. Diakses 10 Mei 2018.
  4. ^ With demise of Pontiac, all eyes on Dodge now, ESPN Blog. Diakses 1 Mei 2018.
  5. ^ "Top 10 NASCAR Crashes That Changed Racing (With Videos!)", Popular Mechanics (retrieved 10 Aug 2010)
  6. ^ "Hinton: Remembering Talladega '87". ESPN.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-02. Diakses tanggal 2016-04-16.