Gemak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gemak
Turnicidae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliTurnicidae
G. R. Gray, 1840
Distribusi

Gemak atau puyuh-gemak adalah anggota keluarga kecil burung, Turnicidae, yang mirip, tetapi tidak berkerabat dekat dengan, burung puyuh dari Phasianidae . Mereka mendiami padang rumput hangat di Asia, Afrika, Eropa, dan Australia . Terdapat 18 spesies dalam dua genera, dengan sebagian besar spesies ditempatkan dalam genus Turnix dan satu spesies dalam genus Ortyxelos .

Burung gemak adalah burung yang kecil, gemuk, dan pandai berlari, dan sangat menghindari terbang. Betina memiliki warna yang lebih kaya di antara jenis kelamin. Meskipun burung gemak dianggap monogami, burung kancing Turnix bersifat poliandri ; kedua jenis kelamin bekerja sama dalam membangun sarang di bumi, tetapi biasanya hanya pejantan yang mengerami telur dan merawat anak-anaknya, sedangkan betina dapat kawin dengan pejantan lain.

Keluarga: Turnicidae

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Burung gemak adalah sekelompok burung darat kecil. Spesies terkecil adalah gemak cerek, satu-satunya spesies dalam genus Ortyxelos, yaitu 10 cm (3,9 in) panjangnya dan beratnya hanya 20 g (0,71 oz) . Burung gemak dalam genus Turnix berkisar antara 12 hingga 23 cm (4,7–9,1 in) panjangnya dan beratnya antara 30 dan 130 g (1,1–4,6 oz) . Mereka sekilas mirip dengan burung puyuh asli dari genus Coturnix, namun berbeda dengan mereka karena tidak memiliki jari kaki belakang dan tanaman . Betina dari keluarga ini juga memiliki organ vokal unik yang diciptakan oleh trakea yang membesar dan bola tiup di kerongkongan, yang mereka gunakan untuk menghasilkan panggilan yang menggelegar. [1]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Burung gemak tidak biasa karena betina bersifat poliandri . Sarangnya berupa potongan di tanah yang sering kali berada di dekat tumbuh-tumbuhan yang menjorok. Betina bertelur 4 atau 5 butir dan kemudian mencari pasangan baru. Jantan mengerami telur yang menetas secara serempak setelah 12 hingga 15 hari. Anak ayam prekosial meninggalkan sarang segera setelah menetas dan dirawat oleh pejantan. Mereka dapat terbang pada usia dua minggu dan menjadi mandiri pada usia empat minggu. Untuk spesies yang lebih kecil, kematangan seksual dicapai pada usia tiga bulan. [1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Debus, S.J.S. (1996). "Family Turnicidae (Buttonquails)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J. Handbook of the Birds of the World. 3: Hoatzin to Auks. Barcelona, Spain: Lynx Edicions. hlm. 44–59. ISBN 978-84-87334-20-7.