Gate: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gate: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri
Logo Gate: Jietai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri
ゲート 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり
(Gēto Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri)
GenreFantasi
Seri novel
PengarangTakumi Yanai
PenerbitArcadia
Terbit20062009
Novel ringan
PengarangTakumi Yanai
IlustratorDaisuke Izuka
Kurojishi
PenerbitAlphaPolis
DemografiMale
Terbit12 April 20103 Juli 2015
Volume10 (original)
20 (bunkobon)
Manga
PengarangTakumi Yanai
IlustratorSatoru Sao
PenerbitAlphaPolis
Penerbit bahasa Inggris (canceled)[2]
DemografiMale
Terbit30 Juli 2011 – sekarang
Volume24
Seri anime
SutradaraTakahiko Kyōgoku
ProduserNobuhiro Nakayama
Teppei Ōta
Nobuhiro Osawa
SkenarioTatsuhiko Urahata
MusikYoshiaki Fujisawa
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, TVA, MBS, BS11, AT-X
Tayang 4 Juli 2015 26 Maret 2016
Episode24 (Daftar episode)
Novel ringan
Gate Season 2: Jieitai Kano Umi nite, Kaku Tatakaeri
PengarangTakumi Yanai
IlustratorDaisuke Izuka
PenerbitAlphaPolis
TerbitAugust 8, 2017 – sekarang
Volume5 (original)
2 (bunkobon)
 Portal anime dan manga

Gate: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri[3] (Jepang: ゲート 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり, Hepburn: Gate: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri, lit. Gate: Thus the Japanese Self-Defense Force Fought There) adalah serial novel fantasi Jepang yang ditulis oleh Takumi Yanai dan diilustrasikan oleh Daisuke Izuka dan Kurojishi. Awalnya, diserialkan dari 2006 hingga 2009 di situs web penerbitan novel buatan Arcadia hingga diakuisisi oleh penerbit AlphaPolis pada 2010. Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Satoru Sao dimulai pada Juli 2011, dan tiga manga spin-off dimulai pada 2015.[4] Paruh pertama dari adaptasi serial televisi anime ditayangkan dari Juli hingga September 2015, dan paruh kedua ditayangkan dari Januari hingga Maret 2016. Serial ini telah dilisensikan oleh Sentai Filmworks di Amerika Utara. Seri novel sekuel, Gate Season 2: Jieitai Kano Umi nite, Kaku Tatakaeri, mulai diterbitkan pada tahun 2017.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di zaman modern Ginza, Tokyo, sebuah portal dari dunia lain tiba-tiba muncul dan legiun tentara dan monster abad pertengahan bergaya Romawi muncul untuk menyerang kota. Menggunakan persenjataan dan taktik modern, Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF) dengan mudah memukul mundur musuh dan melewati Gerbang untuk mendirikan pangkalan operasi maju dan memulai negosiasi damai dengan Kekaisaran dunia lain. Namun, akses eksklusif Jepang ke Gerbang membuat iri negara-negara lain di dunia, yang ingin memanfaatkan Special Region (特地, Tokuchi) (sebutan Jepang untuk dunia lain) untuk tujuan mereka sendiri. Juga, kegiatan JSDF diawasi secara ketat oleh pemerintah mereka, yang ragu-ragu untuk melibatkan diri lebih jauh ke dalam urusan Daerah Istimewa karena takut akan ketidaksetujuan publik.

Yōji Itami adalah perwira cadangan JSDF yang dikirim untuk menyelidiki dunia lain, di mana sihir, naga, dan elf adalah nyata, menggunakan pengetahuannya tentang cerita fantasi untuk membuat jalannya di lingkungan baru ini.[5] Saat menjelajahi Daerah Istimewa, ia akhirnya tanpa pamrih membantu orang-orangnya - termasuk Putri Kekaisaran Piña Co Lada - melawan naga kuno dan sekelompok perampok, sehingga membuka jalan untuk negosiasi dan membebani dirinya dengan sekelompok gadis lokal yang telah mengembangkan perasaan untuk dia. Namun, ketika dia mempermalukan putra mahkota Kekaisaran Zorzal untuk menyelamatkan seorang tahanan Jepang dari cengkeramannya, yang terakhir memutuskan untuk membuat Jepang membayar dengan darah, merebut kekuasaan sebagai diktator dan mempersiapkan untuk perang habis-habisan. Dengan demikian JSDF akhirnya dipaksa untuk terlibat dalam aksi pertempuran agresif untuk mempertahankan status quo dan membawa negosiasi dengan ayah Zorzal, Molt Sol Augustus, ke kesimpulan damai.

Setelah pembebasan Putri Pia oleh JSDF, Kaisar dan senator anti-perang dari ibukota Kekaisaran, Zorzal bersembunyi dan terlibat dalam perang gerilya, menyuruh anak buahnya, mengenakan imitasi seragam kamuflase, dan monster melakukan aksi teror terhadap penduduk sipil untuk mendiskreditkan Jepang dan menarik mereka keluar; tetapi sekutu dan simpatisan JSDF berkumpul di pihak mereka untuk mengalahkan pangeran nakal itu. Namun, karena dewi Hardy berhubungan dengan Itami, Gerbang itu sendiri menimbulkan masalah serius lainnya. Awalnya dibuka oleh Hardy, tetapi diperbesar dan distabilkan oleh penyihir Kekaisaran, itu mulai menyebabkan serangkaian gangguan bencana saat Daerah Istimewa dan Bumi mulai menjauh dari titik jangkar bersama ini. Dengan demikian, Jepang harus berjuang untuk mengakhiri perang saudara dan menutup Gerbang tepat waktu sebelum kedua dunia saling menghancurkan.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya gate diterbitkan di situs konten buatan pengguna Arcadia dari April 2006 hingga Juni 2009 dengan nama samaran Todoku Takusan (とどく=たくさん). Pada 2010, AlphaPolis membuat perjanjian untuk menerbitkan karyanya di media cetak. Dua volume novel web pertama sedikit diubah untuk membuatnya kurang nasionalistik sedangkan volume novel web ketiga, dan terakhir, ditulis ulang dan diperluas menjadi tiga volume.[6] Kelima volume ini diterbitkan dari 12 April 2010 hingga 5 Januari 2012 dengan ilustrasi sampul oleh Daisuke Izuka. Novel web asli kemudian dihapus dari Arcadia. Serial ini berlanjut dengan lima volume cerita sampingan pada 10 Oktober 2012. Pada 6 Januari 2013, AlphaPolis memulai cetak ulang seri sebagai light novel, di mana setiap volume novel dibagi menjadi dua volume kecil. Volume novel ringan dalam format bunkobon, serta sampul baru dan ilustrasi bagian dalam oleh Kurojishi.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Seri novel sekuel, Gate Musim 2: Jieitai Kano Umi nite, Kaku Tatakaeri (ゲートSeason2), berpusat pada serangkaian karakter baru dari Pasukan Bela Diri Maritim.[7] Di musim kedua, Goro Etajima dari JMSDF dan bawahannya Koji Tokushima melakukan perjalanan keliling negara-negara yang ditunjuk dengan tugas penelitian dan eksplorasi. Dengan dibukanya kembali gerbang tersebut, pemerintah Jepang terus mempertahankan kendali atas monopoli “gerbang” di dunia internasional. Hal ini mengharuskan pemerintah untuk fokus pada politik domestik serta penyelidikan medan di dunia baru karena hubungan sederhana terbentuk dengan penduduk setempat.[8]

Daisuke Izuka kembali sebagai ilustrator untuk novel. Lima volume telah diterbitkan dengan volume pertama dirilis pada 8 Agustus 2017, dan volume kelima dirilis pada 30 November 2020.

Manga[sunting | sunting sumber]

Ada lima seri manga Gate, semuanya diterbitkan oleh AlphaPolis. Manga pertama, digambar oleh Satoru Sao, mulai diterbitkan pada 30 Juli 2011. Manga ini dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Sekai Publishing, tetapi hanya dua volume pertama yang telah diterjemahkan,[9] Sekai menyatakan masalah kualitas dengan volume 2 eksemplar pada tahun 2018.[10] Setelah rilis volume 2 pada tahun 2020, Sekai Project membatalkan volume berikutnya.

Manga kedua, berjudul Gate! Yonkoma, adalah komedi yonkoma komik setrip yang digambar oleh Kuinji 51-gou, dimulai pada 15 Januari 2015 dan berakhir pada 23 Juli 2015. Manga ketiga, digambar oleh Yukie Shiren dan berjudul Gate: Teikoku no Bara Kishidan - Piña Co Lada 14-sai, yang merupakan cerita prekuel dengan Piña sebagai protagonis utama, dimulai pada 19 Maret 2015 dan berakhir pada April 7, 2016, memiliki 2 volume. Manga keempat, digambar oleh Chako Abeno dan berjudul Gate: featuring The Starry Heavens, yang menggambarkan tiga karakter wanita utama menjadi idola musik, dimulai pada 19 Maret 2015 dan berakhir pada 28 April 2016, memiliki 2 volume. Manga spin-off kelima, digambar oleh Tomo dan berjudul Mei☆Company, didasarkan pada manga di alam semesta dalam seri Gate, dimulai pada 19 Maret 2015 dan berakhir pada 22 Oktober 2015 , memiliki 1 volume.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi serial televisi anime diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Takahiko Kyōgoku.[11] Desain karakter seri ini didasarkan pada ilustrasi novel ringan. 12 episode pertama ditayangkan di Jepang antara 4 Juli dan 18 September 2015.[12] Paruh kedua ditayangkan di Tokyo MX dari 9 Januari hingga 26 Maret 2016.[13] Gate disiarkan secara online oleh Crunchyroll dan dilisensikan oleh Sentai Filmworks di Amerika Utara.[14] Dari episode 1 hingga 12, lagu tema pembukanya adalah "Gate (Sore wa Akatsuki no You ni)" (GATE~それは暁のように~) oleh Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets dan lagu tema penutupnya adalah "Prism Communicate" (ぷりずむコミュニケート, Purizumu Komyunikēto) oleh Hisako Kanemoto, Nao Tōyama, dan Risa Taneda. Sentai Filmworks merilis koleksi lengkap serial ini dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada 11 Juli 2017.[15] Untuk babak kedua, lagu pembukanya adalah "Gate II (Sekai o Koete)" (GATE II ~世界を超えて~) oleh Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets,[16] dan lagu penutupnya adalah "Itsudatte Communication" (いつだってコミュニケーション) oleh Kanemoto, Tōyama, dan Taneda.[17]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2017, dilaporkan bahwa novel untuk musim pertama telah terjual lebih dari 4,2 juta cetak di Jepang.

Rebecca Silverman dari Anime News Network mengulas dua belas episode pertama "Gate" di mana dia memuji premis unik anime tentang pertempuran militer modern melawan ras fantasi di dunia lain, dengan protagonis utamanya adalah pria yang lebih tua daripada seorang remaja dan pemeran karakternya yang unik, tetapi juga mengkritik anime karena terlalu politis dan memuliakan militer Jepang.[18] Theron Martin dari Anime News Network juga memuji anime ini karena kebalikan dari Outbreak Company, anime lain dengan premis serupa tentang Jepang modern yang menemukan dunia fantasi. Sementara dia menemukan cerita dan beberapa karakter menghibur dan memuji beberapa aktor suara bahasa Inggris, dia juga mengkritik bagaimana beberapa cerita karakter jauh lebih lemah daripada yang lain, naskah bahasa Inggris diubah dari bahasa Jepang asli, dan menemukan Gate Pandangan politik di anime adalah "tanpa ampun dan tangan berat".[19]

Respon positif umum terhadap Gate mendorong militer Jepang untuk memulai kampanye rekrutmen dengan menggunakan karakter utama sebagai maskot.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Otakon Announcements!". Sekai Project. July 26, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 12, 2015. Diakses tanggal August 25, 2015. 
  2. ^ "Regarding GATE and the Rest of its Publication". Sekai Project. January 4, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-22. Diakses tanggal January 4, 2021. 
  3. ^ "GATE". Sentai Filmworks. Diakses tanggal 2019-09-05. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ コミカライズ. アルファポリス『ゲート 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり』公式サイト (dalam bahasa Jepang). AlphaPolis. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 5, 2015. Diakses tanggal July 4, 2015. 
  5. ^ "ストーリー STORY - TVアニメ『 GATE(ゲート) 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり 』公式サイト". gate-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2015. Diakses tanggal July 30, 2015. 
  6. ^ Todoku Takusan (Takumi Yanai) (Mei 7, 2010). 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり. Arcadia (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 6, 2015. Diakses tanggal July 4, 2015. 
  7. ^ ""GATE" Novels Begin Second Season Focused On Maritime Defense Force". Crunchyroll. June 30, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 6, 2017. Diakses tanggal Juli 22, 2017. 
  8. ^ ゲート SEASON2 自衛隊 彼の海にて、斯く戦えり (dalam bahasa Jepang). AlphaPolis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-28. Diakses tanggal 2021-06-19. 
  9. ^ "Gate - Where the JSDF Fought manga preorders". Sekai Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juni 27, 2018. Diakses tanggal Februari 23, 2018. 
  10. ^ "Gate Vol 2, The Delays and an Apology". Sekai Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2018. Diakses tanggal August 5, 2018. 
  11. ^ "スタッフ&キャスト - STAFF & CAST - TVアニメ『 GATE(ゲート) 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり 』公式サイト". gate-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 9, 2015. Diakses tanggal July 30, 2015. 
  12. ^ "A-1 Pictures' Gate Anime Casts Haruka Tomatsu, Yōko Hikasa, Maaya Uchida". Anime News Network. June 12, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2016. Diakses tanggal April 10, 2016. 
  13. ^ "GATE Anime Reveals Key Visual, Premiere Date for Show's 2nd Half". Anime News Network. December 5, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2015. Diakses tanggal December 5, 2015. 
  14. ^ "Sentai Filmworks Acquires Ushio & Tora, Gate, School Live, Wakaba Girl, Aoharu X Machinegun Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2015. Diakses tanggal July 2, 2015. 
  15. ^ "GATE Complete Collection". Sentai Filmworks. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2017. Diakses tanggal March 22, 2017. 
  16. ^ "GATE Anime Theme Song Artists Return for 2nd Season". Anime News Network. November 18, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2018. Diakses tanggal February 15, 2018. 
  17. ^ "GATE BD+DVD - Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2018. Diakses tanggal February 15, 2018. 
  18. ^ "GATE Episodes 1-12 Streaming". Anime News Network. December 11, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2015. Diakses tanggal December 11, 2015. 
  19. ^ "GATE BD+DVD - Complete Collection [Limited Edition]". Anime News Network. August 2, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 6, 2017. Diakses tanggal August 7, 2017. 
  20. ^ "New anime Gate entertains, tries to recruit you to the Japan Self-Defense Forces at the same time". Rocket News 24. July 24, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2017. Diakses tanggal December 14, 2017.