Gastroskopi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gastroskopi
Esophageal varices - post banding.jpg
Gastroskopi
ICD-9-CM 45.13
MeSH D016145
Kode OPS-301 1-631, 1-632

Gastroskopi atau esofagogastroduodenoskopi merupakan pemeriksaan pada bagian perut menggunakan endoskop (sebuah instrumen) yang dimasukkan melalui mulut. Esofagus dan duodenum (bagian utama dari dari usus halus) juga diinvestigasi.[1] Karena dilakukan pemeriksaan pada dua area tersebut, maka sering disebut sebagai esofagogastroduodenoskopi.[1] Pasien juga terkadang perlu dibius sebelum melakukan proses ini.[1] Gastroskopi digunakan untuk menginvestigasi pendarahan, ataupun penyakit lainnya yang teletak pada area esofagus, perut atau duodenum.[1] Penempelan gastroskop memungkinkan untuk dilakukanya biopsi (pembuangan jaringan untuk dianalisis), juga dapat dilakukan proses laser.[1] Gastroskop juga berguna untuk memudahkan jalur gastrik.[1] Jaringan yang telah diambil dapat digunakan untuk menguji keberadaan bakteri Helicobacter pylori (penyebab ulkus).[2] Gastroskopi dibutuhkan bila seseorang memiliki masalah dengan perut.[3] Hal ini termasuk kesulitan mencerna atau sakit pada area abdomen yang berkelanjutan.[3] Gastroskopi dapat membantu dianosis penyebab gejala-gejala tersebut.[3]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Gastroskopi dapat digunakan untuk:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Peters M. A-Z Family Medical Encyclopedia. British Medical Associations.
  2. ^ (Inggris) MedlinePlus. Gastroscopy procedure [terhubung berkala]. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/imagepages/19243.htm [15 Jun 2014].
  3. ^ a b c d e f g (Inggris) NHS Choice. Gastroscopy [terhubung berkala]. http://www.nhs.uk/Conditions/gastroscopy/Pages/Introduction.aspx [14 Jun 2014].