Gangjeong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gangjeong

Gangjeong (강정) adalah jenis kue tradisional khas Korea (hangwa) yang terbuat dari beras ketan dengan berbagai bentuk dan ukuran.[1] Gangjeong disajikan oleh orang Korea pada saat acara-acara penting seperti acara pernikahan, upacara ritual, serta festival tahun baru Seollal.[2] Proses pembuatan kue ini dimulai dari bahan utama yakni beras ketan, ditumbuk sampai halus dan dicampurkan dengan air menjadi adonan.[1] Kemudian bahan ini dipotong kecil-kecil seukuran jari tangan, dikeringkan dan digoreng dengan minyak di penggorengan sampai teksturnya renyah.[1] Setelah masak, kue-kue tersebut dilapisi dengan sirup ragi dan tepung yang terbuat dari campuran biji wijen, kedelai, kacang cemara, pollen dan tepung beras.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 112–113. ISBN 89-8546-98-1 Check |isbn= value (help). 
  2. ^ (Inggris) Korean Food Culture Series - Part 3, Special Food for Seasonal Occasions, visitkorea. Diakses pada 9 Juni 2010.