Galian Culebra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Galian Culebra pada Januari 2000

Galian Culebra, sebelumnya disebut Galian Gaillard, adalah lembah buatan yang menembus Pembagi Benua Amerika di Panama. Galian ini merupakan bagian dari proyek Terusan Panama yang menghubungkan Danau Gatun dengan Teluk Panama. Galian ini terletak sejauh 12,6 km dari pintu air Pedro Miguel di sisi Pasifik.

Penggalian di Culebra merupakan salah satu mahakarya teknik terbesar pada saat itu akibat sulitnya medan di daerah ini dan juga akibat upaya begitu besar yang harus dikerahkan oleh para pembangun dan insinyur agar dapat menyelesaikan proyek Terusan Panama yang sangat bernilai strategis bagi Amerika Serikat.

Culebra sendiri merupakan nama punggung bukit yang digali dalam proyek ini. Dari tahun 1915 hingga 2000, galian ini disebut Galian Gaillard yang mengambil nama dari Mayor Amerika Serikat, David du Bose Gaillard, pemimpin proyek penggalian ini. Setelah terusan ini diserahkan dari Amerika Serikat kepada Panama pada tahun 2000, namanya diganti lagi menjadi Culebra. Dalam bahasa Spanyol, galian ini disebut Corte Culebra dan juga dijuluki Galian Ular.[1][2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Regulation of navigation in Panama Canal Waters" (PDF). Panama Canal Authority. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2021-09-22. Diakses tanggal 2013-02-10. 
  2. ^ "This is the canal". Panama Canal Authority. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-08. Diakses tanggal 2013-02-10.