Galeri Nasional London

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The National Gallery
Thenationalgallery.jpg
Didirikan 1824
Lokasi Bendera Britania Raya Trafalgar Square, London, Britania Raya
Jenis museum seni
Pengunjung 4-5 juta orang per tahun[1]
Direktur Nicholas Penny (direktur)
Situs web The National Gallery

Galeri Nasional London adalah museum seni di Trafalgar Square, London, Inggris. Museum yang didirikan tahun 1824 ini berstatus Lembaga Publik Nondepartemen di bawah Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga Britania Raya. Koleksinya mencakup lebih dari 2.300 lukisan dari pertengahan abad ke-13 hingga tahun 1900,[a] dan merupakan milik rakyat. Kecuali tiket masuk ke pameran khusus, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk melihat pameran utama.

Berbeda dari Museum Louvre di Paris atau Museo del Prado, koleksi museum ini tidak berasal dari koleksi milik kerajaan. Museum didirikan setelah Pemerintah Britania Raya membeli 36 lukisan dari bankir bernama John Julius Angerstein pada tahun 1824. Sekitar dua pertiga dari koleksinya berasal dari sumbangan pribadi. Charles Lock Eastlake pernah menjabat sebagai direktur museum ketika museum ini baru didirikan.[2] Dibandingkan koleksi milik galeri nasional lainnya di Eropa, koleksi lukisan yang dimiliki museum ini tergolong sedikit. Walaupun demikian, koleksinya tergolong ensiklopedis karena memiliki lukisan yang mewakili hampir semua tahapan-tahapan penting dalam perkembangan seni lukis Barat, "mulai dari karya Giotto hingga Cézanne"[3] Di masa lalu, museum ini pernah dibanggakan sebagai salah satu dari beberapa galeri seni nasional yang memamerkan semua koleksi sebagai pameran utama.

Galeri Nasional London menempati gedung yang dirancang oleh William Wilkins pada tahun 1832-1838. Bagian gedung yang tidak berubah dari masa ke masa hanyalah bagian muka bangunan yang menghadap Trafalgar Square. Bagian dalam gedung sudah berulang kali direnovasi. Gedung ini sering dikritik terutama dari sudut pandang estetika dan kurangnya ruang pamer. Tate Gallery didirikan tahun 1897 karena tidak cukup tersedianya ruang pamer di Galeri Nasional London. Paviliun Sainsbury merupakan hasil perluasan gedung ke arah barat. Arsiteknya adalah Robert Venturi dan Denise Scott Brown yang mendesain Paviliun Sainsbury dengan gaya arsitek postmodern Britania.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

a. ^  Museum Victoria dan Albert untuk koleksi seni ukir dan seni terapan. British Museum untuk seni yang lebih tua, seni non-Barat, buku dan gambar. Tate Modern menampung seni dari era yang lebih modern. Sebagian dari seni Britania berada di Galeri Nasional, kecuali koleksi nasional seni Britania yang ditempatkan di Tate Britain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ National Gallery, London: About, ARTINFO, 2008, diakses 2008-07-30 
  2. ^ Gentili, Augusto; Barcham, William & Whiteley, Linda (2000). Paintings in the National Gallery. London: Little, Brown & Co., p. 7
  3. ^ Chilvers, Ian (2003). The Concise Oxford Dictionary of Art and Artists. Oxford Oxford University Press, p. 413. Istilah "dari Giotto hingga Paul Cézanne" juga digunakan oleh Michael Levey yang kemudian menjabat direktur ke-11 Galeri Nasional London dalam surveinya mengenai seni lukis Eropa: Levey, Michael (1972). From Giotto to Cézanne: A Concise History of Painting. London: Thames and Hudson

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°30′32″LU 0°07′39″BT / 51,50889°LU 0,1275°BB / 51.50889; -0.12750