Géza Maróczy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Géza Maróczy di London pada tahun 1922

Géza Maróczy (dilafalkan /ˈɡeːzɒ ˈmɒroːtsi/; Szeged, lahir 3 Maret 1870 – meninggal 29 Mei 1951 pada umur 81 tahun) adalah seorang pecatur dan insinyur berkebangsaan Hongaria. Sejak debutnya di abad ke-20, ia memainkan partai elit dunia dalam permainan catur.

Gaya permainan[sunting | sunting sumber]

Bermain dengan gaya defensif, terutama sekali ia sendiri dikenal berhadapan dengan pemain penyerang, seperti Frank James Marshall (+11 -6 =8) dan Joseph Henry Blackburne (+5 -0 =3).

Pertahanannya yang berhasil atas gambit denmark melawan Jacques Mieses[1], dan Karl Helling[2], yang melibatkan hasil penentuan atas partai yang dikorbankan untuk menang, digunakan sebagai model pertahanan oleh Max Euwe dan serial 2 jilid Kramer tentang permainan tengah. Dalam Sistemku, Aaron Nimzowitsch memanfaatkan kemenangan Maróczy untuk melawan Hugo Süchting (Barmen, 1905) sebagai model penahaman lawan sebelum menyerang[3]. Penanganannya atas permainan akhir ratu seperti yang dilakukan Frank Marshall (Karlovy Vary, 1907), amat dipuji[4]. Ia juga bisa memainkan catur secara spektakuler dalam saat tertentu, seperti kemenangannya yang terkenal[5] melawan pemain penyerang Dawid Markelowicz Janowski (Muenchen, 1900).

Jepitan Maróczy merupakan formasi pion putih yang dapat mengadopsi beberapa ragam pertahanan sisilia. Dengan menempatkan pion di e4 dan c4, pion putih mengurangi kemungkinan serangannya secara bertahap, namun juga banyak menghambat pion hitam lawan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Jacques Mieses-Géza Maróczy (Monako, 1903 ; gambit denmark yang diterima C21).
  2. ^ (Inggris) Géza Maróczy-Karl Helling (Agustus 1936; pertahanan skandinavia, varian modern B01).
  3. ^ (Inggris) Géza Maróczy-Hugo Süchting (turnamen master di Barmen, 1925 ; gambit ratu ditolak, pertahanan ortodoks, ragam Rubinstein D61).
  4. ^ (Inggris) Géza Maróczy-Frank James Marshall (Karlsbad, 1907 ; Ruy López, permainan empat ksatria, ragam Rubinstein C48).
  5. ^ (Inggris) David Janowski-Géza Maróczy (München, 1900; gambit ratu ditolak, kontra gambit Albin D08).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]