Permainan akhir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Permainan akhir merujuk pada babak permainan catur di mana hanya ada sedikit bidak yang ada di papan catur.

Batas antara permainan tengah dan akhir sering tidak jelas, dan terjadi secara bertahap atau dengan pertukaran segera antarbidak catur. Namun, permainan akhir cenderung memiliki ciri yang berbeda dari permainan tengah, dan pecatur memiliki perhatian strategi yang berbeda. Khususnya, pion menjadi lebih penting; permainan akhir sering berputar-putar mencoba memajukan sebuah bidak dengan mencapai barisan ke-8. Raja, yang harus dilindungi dalam permainan tengah agar tidak sampai skakmat, menjadi bidak terkuat dalam permainan akhir. Raja dapat dibawa ke tengah papan dan menjadi bidak penyerang yang berguna.

Banyak orang telah menyusun studi permainan akhir, kedudukan permainan akhir yang dipecahkan dengan mencari kemenangan untuk bidak putih bila tidak ada cara yang nyata untuk menang, atau remis ketika melihat bidak putih harus kalah.

Dalam permainan akhir, biasanya pihak yang kuat harus mencoba mempertukarkan bidak (benteng, kuda, menteri, dan ratu), dan di saat yang sama menghindarkan pertukaran pion. Pihak yang bertahan harus berusaha melawan.