Fumiko Kaneko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fumiko Kaneko

(1903–1926)
Lahir 25 Januari 1903
Yokohama, Kanagawa, Jepang
Meninggal 23 Juli 1926
Utsunomiya, Tochigi, Jepang

Fumiko Kaneko (金子 文子, Yokohama, Kanagawa, 25 Januari 1903 - Utsunomiya, Tochigi, 23 Juli 1926) adalah seorang anarkis Jepang yang pernah ditahan dan dihukum akibat dituduh melawan Kaisar Showa Jepang.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Kaneko merupakan anak dari pasangan seorang mantan polisi dan seorang buruh, dan menghabiskan masa sembilan tahun pertamanya sejak dilahirkan sebagai seorang anak yang tak terdaftar. Status ini membuat Kaneko tidak dapat mengenyam bangku pendidikan formal serta tidak mendapatkan pengakuan yang layak dari masyarakat. Akan tetapi, Kaneko masih tetap dapat mengikuti kelas pelajaran berkat bantuan dari ibunya.

Setelah ibu Kaneko gagal menjual putrinya ke rumah bordil, Kaneko kemudian dikirim ke neneknya di Korea ketika dia beranjak sembilan tahun. Neneknya merupakan seorang yang kaya, ia pun mendaftarkan Fumiko Kaneko sebagai putrinya sendiri dan berjanji akan memberikan pendidikan yang layak kepadanya. Kaneko adalah anak yang cerdik yang sangat bersemangat dalam mengenyam pendidikan yang sebanding--secara mendalam dan luas--dengan teman laki-laki sekelasnya. Tetapi nenek Kaneko tidak setuju dengan sikap cucunya tersebut dan mulai memperlakukannya secara kasar. Keluarga dari ibu Kaneko mengetahui penganiayaan tersebut dan kemudian mengirimnya kembali ke Jepang.

Masa hukuman[sunting | sunting sumber]

Kaneko adalah seorang rekan seperjuangan dari aktivis independen dan anarkis Korea, Pak Yeol. Pasca gempa bumi hebat Kanto pada 1 September 1923, pasangan tersebut dituduh telah berkomplot untuk membunuh kaisar Jepang dan ditahan atas tuduhan penghianatan; pada tanggal 25 Maret 1926 mereka pun dijatuhi vonis mati, kemudian diperingan menjadi hukuman seumur hidup dipenjara. Suatu ketika petugas sipir penjara Ichigaya memberikan surat tahanannya, dia merobek surat tersebut di depan petugas sipir tersebut.

Dipindahkan ke penjara Utsunomiya, Kaneko menolak kerja apapun yang diberikan padanya dan meminta agar ia ditempatkan dibagian solidaritas tahanan. Tiga bulan kemudian, dia meminta pekerjaan membuat tali rami. Kemudian pagi harinya, 23 Juli 1926, dia ditemukan meninggal, menurut laporan ia meninggal akibat gantung diri dengan tali yang ia buat sendiri.

Setelah kematiannya, kakak laki-laki Pak Yeol pergi ke Jepang dan membawa jasad Kaneko kembali ke Korea, untuk dikebumikan di area pemakaman keluarga Pak di Pallyeong-ni, Mungyeong-eup. Pada bulan November 2003, jasadnya dipindahkan ke Maseong-myeon, ke tempat kelahiran Pak Yeol.

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

  • The Prison Memoirs of a Japanese Woman (Foremother Legacies : Autobiographies and Memoirs of Women from Asia, Africa, the Middle East, and Latin), diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Jean Inglis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hane, Mikiso, editor. Reflections on the Way to the Gallows: Rebel Women in Prewar Japan. University of California Press, 1993. Berkeley. ISBN 0-520-08421-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]