Foulques, Raja Yerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Foulques V dari Anjou (1089/109213 November 1143), juga diketahui sebagai Foulques dari Yerusalem, merupakan seorang Pangeran Anjou dari tahun 1109 sampai tahun 1129, dan Raja Yerusalem dari tahun 1131 sampai kematiannya.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Foulques dilahirkan pada sekitar tahun 1089 dan 1092, anak dari Raja Foulques IV, Pangeran Anjou dan Bertrade dari Montfort. Pada tahun 1092, Bertrade meninggalkan suaminya dan menikah dengan Raja Philippe I dari Perancis.

Menjadi Raja Anjou[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi Raja Anjou setelah kematian ayahnya pada tahun 1109, pada usia sekitar 20 tahun. Ia adalah musuh dari Raja Henry I dari Inggris dan pendukung raja Louis VI dari Perancis, tetapi pada tahun 1127 ia bersekutu dengan Henry ketika Henry mengatur untuk putrinya Matilda untuk menikahi anak Foulques Geoffroy Plantagenet, Pangeran Anjou. Foulques ikut serta di dalam Perang Salib pada tahun 1120, dan menjadi melekat dengan Ordo Bait Allah.

Pasukan Perang Salib dan Raja[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Yerusalem dan Negara-negara Perang Salib lainnya tahun 1135 SM selama Foulques berkuasa.

Pada tahun 1127 Foulques bersiap-siap untuk kembali ke Anjou ketika ia menerima duta besar dari raja Baudouin II dari Yerusalem. Baudouin II tidak memiliki ahli waris laki-laki namun ia telah mencalonkan putrinya Mélisende untuk meneruskan jabatannya. Baudouin II ingin melindungi warisan putrinya dengan menikahkannya dengan raja yang kuat. Foulques adalah tentara salib yang kaya dan komandan militer yang berpengalaman.

Namun Foulques memiliki syarat, yaitu ia mau menjadi Raja bersama Mélisende. Baudouin II menerima hal ini setelah melihat pengalamannya. Foulques memberikan kursi tahta Anjou kepada anaknya Geoffroy dan meninggalkan Yerusalem, dimana ia menikahi Mélisende pada tanggal 2 Juni 1129. Foulques dan Mélisende menjadi rekan-pemimpin di Yerusalem pada tahun 1131 setelah kematian Baudouin II.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Lukisan Kematian Foulques.

Pada tahun 1143, ketika Raja dan Ratu sedang berlibur di Akko, Foulques tewas terbunuh di dalam suatu kecelakaan. Kudanya tersandung, jatuh dan tulang Foulques dihancurkan oleh sadel. Ia dibawa kembali ke Akko, dimana ia terbaring selama 3 hari sebelum kematiannya. Ia dikubur di Gereja Suci Sepulchre di Yerusalem. Walaupun pernikahan mereka dimulai dalam konflik, Mélisende menguburnya secara pribadi.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1110, Foulques menikahi Erembourg, Comtesse Maine (meninggal1126), putri Élie I, Pangeran Maine. Mereka memiliki 4 orang anak:

  1. Geoffroy Plantagenet, Pangeran Anjou, ayah Henry II dari Inggris
  2. Sibylle dari Anjou, menikah pada tahun 1123 dengan William Clito (bercerai tahun 1124), menikah tahun 1134 dengan Dietrich, Pangeran Flandria.
  3. Alice (atau Mathilde), menikah dengan William Adelin; setelah kematiannya di dalam Kapal Putih ia menjadi seorang suster dan kemudian Kepala Biarawati Fontevrault.
  4. Élie II, Pangeran Maine (wafat 1151)

Istri keduanya adalah Mélisende, Ratu Yerusalem

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Medieval Women, edited by Derek Baker, the Ecclesiastical History Society, 1978
  • Payne, Robert. The Dream and the Tomb, 1984
  • The Damascus Chronicle of Crusades, trans. H.A.R. Gibb, 1932.

Fiksi Bersejarah[sunting | sunting sumber]

  • Judith Tarr, "Queen of Swords", A Forge Book, Published by Tom Doherty LLC., 1997
Didahului oleh:
Foulques IV
Pangeran Anjou
11061129
Diteruskan oleh:
Geoffroy Plantagenet, Pangeran Anjou
Didahului oleh:
Guillaume Rufus
Pangeran Maine
11101126
Diteruskan oleh:
Geoffroy Plantagenet, Pangeran Anjou
Didahului oleh:
Baudouin II
Raja Yerusalem
11311143
(dengan Mélisende)
Diteruskan oleh:
Mélisende dan Baudouin III